SCTV Ambil Alih Hak Siar Timnas dari RCTI

Surya Citra Televisi (SCTV) dipastikan menjadi pemegang hak siar pertandingan tim nasional Indonesia mulai 28 Juli hingga akhir 2011. Kepastian ini diumumkan Direktur Utama SCTV, Fofo Suriaatmadja bersama Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, Kamis 21 Juli 2011.

FC Sriwijaya


"Kami akan mulai menyiarkan petandingan Timnas pada 28 Juli saat Indonesia menjamu Turkmenistan. Mengenai jadwal, kami akan mengikuti PSSI," ujar Fofo di Hotel Sultan, Jakarta.

Menurut Ketum PSSI, Djohar Arifin, SCTV mengeluarkan dana Rp10 miliar untuk meraih hak siar ini. Proses pemilihan SCTV pun melalui bidding yang sayangnya tidak dijelaskan sejak kapan.

"Kontraknya Rp10 miliar sampai akhir 2011 dan ada 13 pertandingan. Kami mencari bidding termahal dan SCTV yang memberikan penawaran termahal," ujar Ketum baru PSSI itu.

Namun, proses bidding ini dipertanyakan oleh Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) sebagai pemegang hak siar timnas sebelumnya. Menurut Produser RCTI Sport, Hadi Gunawan, tidak ada pengumuman soal bidding tersebut. Tapi, tiba-tiba diumumkan SCTV yang menang dalam penawaran harga.

"Kita tidak masalah soal ini (SCTV tayangkan timnas). Hanya saja nantinya mereka (PSSI) akan disebut tidak profesional," ujar Hadi pada VIVAnews.

"Kita memang sempat menjalin kontak dengan pengurus PSSI yang baru, tapi proses bidding ini tidak pernah ada pemberitahuan sebelumnya," tambahnya.

RCTI masih diberi kesempatan menyiarkan satu pertandingan yakni saat Turkmenistan menjamu Indonesia di leg 1 Pra Kualifikasi Piala Dunia 2014, Sabtu 23 Juli 2011. Namun, leg 2 yang digelar di Jakarta sudah menjadi hak SCTV.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments