Kiat Ferry Agar Tetap Kuat Saat Latihan

Skuad tim nasional Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di Cilegon mulai hari ini, Jumat, 5 Agustus 2011. Latihan ini dalam rangka persiapan timnas untuk berlaga di putaran ketiga Pra Piala Dunia 2014 awal September mendatang.
FC Sriwijaya


Namun, pemusatan latihan yang akan diikuti oleh 30 pemain timnas kali ini memiliki tantangan yang cukup berat. Sebab, selain harus menjalani latihan berat, di saat bersamaan, mayoritas pemain harus menjalani ibadah puasa sebulan penuh.

Tapi, meski puasa hal itu tidak menjadi kendala berarti bagi para pemain. Salah satunya disampaikan oleh kiper andalan Indoensia, Ferry Rotinsulu saat ditemui di penginapan atlet, Hotel Grand Mangku Putra, Cilegon.

Ia mengaku, memiliki kiat agar dirinya dapat menjalani latihan dengan baik dan di waktu bersamaan dapat melaksanakan ibadah puasa. Caranya, dengan memanfaatkan waktu istirahat yang diberikan pelatih sebaik-baiknya. "Saya menjaga agar waktu istirahat benar-benar digunakan untuk istirahat. Sehingga saat latihan, dapat fokus latihan," kata Ferry.

Mengenai asupan makanan untuk meningkatkan stamina saat latihan, ia mempercayakan sepenuhnya kepada jajaran pelatih. Menurut dia, pelatih lebih mengerti makanan apa saja yang tepat untuk para pemain.

"Makanan apa saja sama saja, saya masih bersyukur di beri makanan. dan saya tidak melihat jenis makanan apa yang diberikan," lanjutnya.

Namun, untuk menjaga kesehatan pencernaan saat berpuasa nanti, ia menuturkan terbiasa untuk mendahulukan dengan makanan ringan saat waktu berbuka tiba. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan hidangan "berat".

Dengan kiat inilah, Ferri optimistis dapat menjalani latihan dengan baik dan memenuhi kewajiban berpuasa sebulan penuh sebagai seorang muslim tanpa halangan apapun. "Insya Allah, saya akan mempertahankan puasa sebulan penuh," ujarnya.

Apalagi, menurutnya, situasi seperti ini bukanlah pengalaman pertama bagi dirinya sebagai seorang pemain timnas. Pada bulan Ramadhan tahun lalu, dirinya bersama rekan-rekannya juga harus mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan berlaga di Piala AFF 2010. "Dan Alhamdulillah, puasa tahun lalu full," terang Ferry.

Rencana awal, latihan akan digelar dua kali, yakni sesi sore dan malam hari. Masing-masing latihan berdurasi antara 1 jam hingga 1 jam 30 menit. Namun menu ini bisa saja berubah mengingat tim pelatih akan melakukan evaluasi terhadap metode latihan yang diberikan usai diterapkan beberapa kali.


Read Also:

Related Posts
Disqus Comments