• Siapkan Tiga Program

    Batalnya latihan perdana awal Agustus ini lantaran belum adanya kejelasan kompetisi dari PSSI dan PT Liga Indonesia tak memengaruhi persiapan Sriwijaya FC (SFC) di tangan duet pelatih anyarnya.
    FC Sriwijaya


    Pelatih SFC Kas Hartadi ternyata tidak suka berdiam diri melihat kondisi yang ada.Dia malah memilih tetap ingin berusaha melakukan sesuatu sebagai pengisi waktunya.Salah satunya dengan merancang beberapa pola latihan yang akan diterapkan jika nanti jadwal Liga Indonesia sudah menemui titik terang. Suksesor Ivan Venkov Kolev ini mengakui tidaklah mudah untuk menyusun sebuah program latihan tanpa adanya kejelasan jadwal kompetisi.

    Karena,ini akan berdampak pada sejauh mana persiapan sebuah tim sebelum mereka benar-benar memasuki pertarungan yang sebenarnya untuk menjadi klub terbaik di Tanah Air. “Bagaimana saya mau membuat program latihan kalau jadwal saja belum jelas.Tapi, saya tidak menyerah begitu saja.Saat ini saya mencoba membuat pola latihan sesuai prediksi saya,”tutur pria asal Solo ini.

    “Misalkan,Indonesia Super League (ISL) atau Piala Indonesia (PI) digelar bulan ini maka saya sudah siapkan program latihan untuk jangka waktu dua bulan,” tuturnya. “Ya seperti itulah.Jadi,ada tiga program latihan yang sudah saya siapkan,mulai dari dua bulan,satu bulan setengah,dan satu bulan saja.Hitung-hitung sekalian mengisi waktu,”ungkapnya. Kas merasa beruntung pernah diberikan tanggung jawab untuk melatih tim junior di SFC U-21,akademi sepak bola Sekayu Youth Soccer Academy (SYSA),dan juga sebagai Asisten Pelatih Ivan Kolev.

    Dari sana,dia mengaku telah mendapatkan banyak referensi. Setelah resmi ditetapkan sebagai pelatih SFC berduet bersama Keith Jerome ‘Kayamba’ Gumbs,Kas semakin membekali dirinya dengan mempelajari lebih dalam mengenai sepak bola dari berbagai media, baik buku maupun browsinginternet. Semua itu dia lakukan untuk menjawab banyaknya keraguan dari sejumlah pihak kepada mereka lantaran masih minimnya pengalaman keduanya dalam mengangani tim di level ISL.

    “Pastilah,saya juga memikirkan racikan Sriwijaya FC ke depanya.Walau saya baru pertama kali memegang tim ISL sebagai pelatih kepala,pengalaman saya menjadi pelatih junior dan asisten pelatih setidaknya tidak mempersulit saya lagi untuk menyusun program latihan ataupun meramu racikan nantinya untuk tim,” katanya. Duet Pelatih SFC Kas Hartadi dan Keith Jerome ‘Kayamba’ Gumbs berharap agar permasalahan lisensi tidak dipermasalahkan.

    Karena,jika peraturan mengenai pelatih klub ISL harus berlisensi A dari AFC dan asisten pelatih berlisensi B dari AFC, SFC terpaksa mencari pelatih baru. Pasalnya,Kas masih berstatus pelatih lisensi A PSSI, sedangkan Kayamba hanya memiliki lisensi C UEFA untuk asisten pelatih fisik.

    Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri Hendri Zainuddin merasa yakin dengan duet pelatih yang dimiliki SFC saat ini.Dia menilai keduanya bisa saling mengisi karena masing-masing memiliki kelebihan sendiri. “Perpaduan Kas dengan Kayamba pasti akan menghasilkan kreasi sepak bola yang luar biasa.Apalagi,sebagai pemain, Kayamba pasti tahu apa yang harus dan dibutuhkan tim,”pungkasnya.


  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com