• Sriwijaya FC Berharap Tetap Satu Wilayah

    Manajemen Sriwijaya FC (SFC) kurang setuju dengan rencana PSSI terkait format kompetisi musim depan. Pada pembahasan format kompetisi,PSSI kepengurusan baru mewacanakan akan menerapkan kembali model kompetisi dua atau tiga wilayah di Indonesia Super League (ISL) 2011/2012.
    FC Sriwijaya


    Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM),manajemen SFC, Hendri Zainuddin menilai hal itu sama saja dengan kemunduran sepak bola Indonesia, tentu jika ketetapan itu dipaksakan untuk dilaksanakan. Alasan Hendri,pada era kepemimpinan Nurdin Halid di PSSI sebelumnya,pola seperti itu sudah pernah diterapkan.

    Kala itu perkembangan sepak bola negeri ini menjadi kurang merata. Sebab,seluruh tim tidak bisa saling bertemu dan menjajal kekuatan masingmasing. Hasilnya,ketika juara liga bertemu dengan tim dari negara lain di Asia pada Liga Champions Asia (LCA) maupun Piala AFC,mereka tampil kurang maksimal.

    Tapi,sejak adanya perubahan format liga menjadi lebih profesional hingga berubahnya nama kompetisi tertinggi menjadi ISL,kondisinya berbeda. ISL menerapkan sejumlah persyaratan yang cukup tinggi kepada klub peserta mulai dari segi finansial maupun fasilitas.

    Maka,lambat laun perkembangan sepak bola Indonesia sudah bisa kembali bersaing dengan negara-negara Asia lainnya. Hendri lalu memberikan contoh sukses SFC dua kali menembus babak 16 besar Piala AFC.Selain itu,Persipura musim ini juga mampu menembus 8 besar pada ajang serupa dan berpeluang ke semifinal.

    Pencapaian seperti ini,menurut Hendri, seharusnya lebih ditingkatkan lagi dengan menambah gengsi dan persiangan di antara klub di Indonesia. ”Kalau kami kembali lagi melakukan kompetisi dengan cara pembagian wilayah,ini sama saja dengan kemunduran. Format yang dijalankan ISL selama beberapa musim ini sudah bagus dan sesuai dengan keinginan bersama. Tentu,semua untuk meningkatkan status liga dan klub menjadi lebih profesional,” lanjutnya.

    Dengan kondisi seperti ini,Hendri berharap agar PSSI tidak memaksakan keputusan mereka,apalagi berbagai ketetapan yang dikeluarkan terkesan dipaksakan.”Lihatlah sekarang,dengan dalih melakukan verifikasi ulang terhadap seluruh klub di Indonesia, PSSI akan mengubah tatanan yang ada,” pungkas Hendri.


  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com