• Sriwijaya FC Homebase Pindah Ke Solo

    Jika kompetisi Liga Indonesia benar-benar akan dimulai 8 Oktober mendatang, kemungkinan Sriwijaya FC (SFC) untuk sementara waktu harus pindah homebase.
    FC Sriwijaya


    Pasalnya,Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (SGSJ) yang biasa digunakan sebagai markas Laskar Wong Kitotengah dipersiapkan untuk openingdan closing ceremonySEA Games XXVI,November mendatang. Dengan kondisi seperti ini otomatis SFC harus rela mengalah demi kepentingan yang lebih besar.

    Untuk itu pihak PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) selaku pengelola klub berencana memindahkan laga kandang SFC ke Stadion Manahan,Solo. “Ini harus kami lakukan karena selama penyelenggaraan SEA Games nanti SGSJ untuk sementara tidak bisa digunakan untuk kegiatan lain,termasuk pertandingan SFC.

    Sementara PSSI berencana menggelar liga pada 8 Oktober mendatang,”ungkap Presiden SFC Dodi Reza Alex. Sebenarnya,sambung Dodi,pihaknya memang sejak lama telah melakukan antisipasi terkait masalah ini dengan menyiapkan alternatif lain seperti memindahkan pertandingan ke Stadion Bumi Sriwijaya Palembang.

    Tapi,sama halnya dengan SGSJ,stadion yang berada di pusat kota itu juga saat ini tengah dalam proses renovasi. Akhirnya,setelah melalui pembicaraan dan diskusi yang cukup panjang dengan seluruh pengurus klub didapatlah alternatif lain,yakni Stadion Manahan,Solo.Pihaknya mengaku lebih memilih Solo ketimbang daerah lain karena memang di sana atmosfer sepak bolanya relatif netral.

    “Situasi inilah yang membuat sejumlah klub lain seperti Persija kerap memilih Manahan untuk menjadi homebase di saat mereka dilarang tampil di Jakarta,” ungkap anggota DPR RI asal Sumatera Selatan ini. Selain itu,sebelum menjelma menjadi SFC,klub ini dulunya bernama Persijatim Solo FC itu sehingga secara tidak langsung klub ini memiliki historis tersendiri terhadap Kota Solo.

    “Belum lagi Pelatih SFC Kas Hartadi juga orang Solo.Jadi banyak faktor pendukung yang membuat kami lebih memilih Solo ketimbang stadion lain yang ada di Sumatera, ”tutur Dodi. Terkait masalah pembiayaan,Dodi mengatakan hal itu menjadi salah satu risiko yang harus ditanggung pihaknya.Tapi,dia yakin meski bermain di Solo,hal itu tidak akan menyurutkan para pendukung SFC untuk datang dan menyaksikan pertandingan secara langsung.

    Apalagi,pendukung SFC saat ini telah tersebar di seluruh penjuru Tanah Air. “Saya juga yakin masyarakat Solo akan berdatangan ke stadion untuk menyaksikan pertandingan SFC.Apalagi,tim kami bertabur bintang,baik lokal maupun Asing sehingga para pemain tetap bersemangat untuk mendulang poin di setiap laga home yang dijalani,”pungkasnya.

  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com