Potensi Andi Irawan

Pelatih kiper Sriwijaya FC (SFC) Indrayadi memuji kualitas kiper ketiga Andi Irawan yang terus menunjukkan peningkatan. Bahkan, putra daerah asal Sumatera Selatan ini dinilai sudah cukup layak untuk menggantikan posisi kiper utama Ferry Rontinsulu.
FC Sriwijaya


Masuknya kembali nama FR12–julukan Ferry—ke skuad tim nasional Indonesia untuk menghadapi Qatar dalam fase grup Kualifikasi Pra-Piala Dunia (PPD) membuat SFC harus memaksimalkan pemain yang ada untuk menghadapi Liga Indonesia yang dalam waktu dekat akan melaksanakan kick-off.

Dengan kondisi tersebut,dapat dipastikan jika tenaga pemain asal Palu,Sulawesi Tengah, ini tidak bisa dipakai untuk sementara waktu hingga dia dikembalikan kepada klub. Sebenarnya selain Ferry,SFC masih memiliki satu kiper lagi,yakni Rifki Deython Morkodompit yang merupakan kiper kedua tim.Tapi,dengan statusnya sebagai salah satu kiper timnas U-23,Rifki juga terpaksa belum bisa bergabung bersama skuad Laskar Wong Kito hingga usainya pelaksanaan ajang SEA Games XXVI mendatang.

Tanpa kehadiran kedua kiper itu,tidak ada pilihan lain bagi pelatih selain menurunkan Andi sebagai kiper utama meski dirinya masih kurang pengalaman.Tapi,berkat turnamen segitiga yang dilaksanakan di Bangka Belitung (Babel) baru-baru ini,kualitas Andi pun akhirnya teruji meski sempat grogi di awal-awal pertandingan.

“Saya rasa Andi sudah cukup layak untuk terjun ke laga sesungguhnya dan menjadi pelapis Ferry saat Liga Indonesia mulai bergulir nanti,”kata Indrayadi. Lebih lanjut pelatih kiper asal Babel ini sangat puas dengan kinerja yang ditunjukkan Andi saat menghadapi Bintang Babel FC dan Deltras Sidoarjo.

Namun,dia mengakui jika anak asuhnya masih terlihat gugup.Tapi, secara keseluruhan dia sudah sangat baik bermain dan menunjukkan performa yang meningkat. “Apabila kami memberikan kesempatan lebih banyak lagi,saya rasa dia bisa jauh lebih matang dan layak menjadi pengganti Ferry,” katanya.

Walaupun kualitas Andi semakin baik, Indra belum mau berkomentar terlalu banyak saat disinggung mengenai kans Andi untuk naik kelas menjadi kiper kedua yang diisi Rifki. Hanya,dia mengatakan jika kedua pemain tersebut memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing secara sehat agar bisa mendapatkan posisi sebagai pelapis utama Ferry.

“Terus terang,saya sendiri secara kasatmata belum pernah melihat penampilan Rifki seperti apa.Tapi,saya yakin dia di timnas U-23 pastinya mendapatkan latihan yang intensif dan terarah selama mengikuti pelatnas,”ujarnya. Sementara itu,kiper utama SFC Ferry akhirnya menyatakan menerima panggilan PSSI untuk memperkuat barisan timnas senior.

Sebelumnya FR12 sempat menolak bergabung dengan tim Merah Putih ini bila masih dilatih Wim Rijsbergen. “Saya tetap loyal kepada timnas dan pasti bersedia kembali bermain untuk kepentingan negara sendiri,”tutur Ferry.

Lebih lanjut kiper asal Palu ini mengutarakan dirinya kembali ke timnas lantaran patuh dengan instruksi yang diberikan Firman Utina dan Bambang Pamungkas sebagai kapten timnas Indonesia. “Saya juga mengikuti arahan kapten yang menyatakan kami harus kembali berjuang untuk timnas,di samping memang sudah jadi tugas kami bermain untuk timnas jika di butuhkan,”tambahnya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments