• Tinggal Verifikasi Stadion

    Tinggal selangkah lagi Sriwijaya FC (SFC) dipastikan lolos dari proses verifikasi ulang agar memenuhi syarat sebagai klub profesional dan berhak mengikuti Kompetisi level satu Liga Indonesia musim 2011/2012.

    FC Sriwijaya


    Pada pelaksanaan verifikasi sebelumnya yang dilakukan Federasi Sepak Bola Asia (AFC),hanya enam klub yang dinyatakan lolos verifikasi.Tidak ada nama SFC di dalamnya.Tapi,akibat keputusan tersebut mendapat respons negatif dan reaksi keras dari berbagai kalangan,termasuk sebagian besar pengurus klub anggota PSSI,akhirnya PSSI mengulang proses tersebut.

    PSSI tetap berpatokan pada hasil kompetisi musim lalu,yakni Indonesia Super League sebanyak 18 klub untuk level satu. Dari sekian banyak persyaratan yang harus dipenuhi,tim berjuluk Laskar Wong Kito itu hanya menyisakan satu hal lagi untuk dinilai,yakni mengenai kelayakan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (SGSJ) untuk menjadi homebase dan menggelar berbagai pertandingan event yang musim depan akan berganti nama menjadi Liga Prima Indonesia (LPI).

    Telah lengkapnya seluruh persyaratan administratif yang diminta AFC melalui PSSI membuat PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) selaku pengelola klub optimistis SFC bisa lolos dan layak untuk mengikuti kompetisi.

    “Ya,hari ini (kemarin) kami telah menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi kepada PSSI.Mereka juga telah menyatakan jika seluruh data yang perlu dilampirkan telah lengkap.Jadi,tidak ada alasan lagi bagi PSSI untuk tidak meloloskan SFC,”ungkap Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainuddin saat berada di Kantor PSSI Pusat dan dihubungi HATTRICK,kemarin.

    Dia mengatakan,dari sejumlah banyak berkas yang harus diserahkan beberapa di antaranya seperti laporan audit keuangan klub musim lalu sertifikasi pengurus klub, media officer,faktor keamanan,akademi sepak bola di berbagai tingkatan dan lainnya.Sementara untuk proses verifikasi lapangan seperti pengecekan fisik dan fasilitas stadion rencananya akan dilakukan secepatnya setelah seluruh berkas klub calon peserta telah selesai.

    “Kalau soal verifikasi lapangan,saya dengar tidak lama lagi pihak AFC segera mendatangi klub-klub untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi klub sebenarnya. Apakah sudah sesuai dengan yang dilaporkan atau tidak.Jika semua sudah selesai dilakukan,kemungkinan besar hasil verifikasi ulang ini akan segera diumumkan oleh PSSI,”sebutnya.

    Sementara itu,Sekretaris Umum PT SOM Faisal Mursyid membenarkan jika pihaknya beberapa hari lalu baru saja melakukan proses peningkatan kualitas lampu stadion agar lebih baik sehingga stadion tersebut bisa memenuhi standar untuk melakoni pertandingan internasional.

    “Kalau fasilitas lainnya seperti rumput, ruang ganti pemain,tribune,hingga jarak tempuh dari bandara menuju stadion,saya rasa tidak ada masalah.Selain itu,aiming lampu stadion juga telah kami tingkatkan hingga mencapai 2200 lux atau minimal 1700 lux bersama tim dari Phillips,”ujarnya.

    Dengan penambahan ini,pihaknya berharap agar grade stadion lebih meningkat. Apalagi, tim verifikasi uji kelayakan akan segera datang ke Palembang untuk melakukan penilaian terkait bakal digelarnya perhelatan besar seperti SEA Games XXVI dan juga laga Kompetisi level satu Liga Indonesia musim depan.


  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com