AFC Kategorikan Stadion Jakabaring Grade A

Masyarakat Sumatra Selatan boleh berbangga karena Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring ditetapkan tim verifikasi Asian Football Confederation (AFC) memiliki grade "A" di Asia.

Artinya, stadion yang menjadi homebase Sriwijaya FC itu sejajar dengan stadion-stadion di negara-negara maju, atau paling tidak sama dengan stadion yang ada di Jepang dan Korea Selatan.

Direktur kompetisi AFC Suzuki Tokuaki di Palembang, Kamis (13/10), mengatakan, setelah melakukan peninjauan langsung, maka diputuskan, Stadion Jakabaring sangat layak untuk menggelar pertandingan Liga Champions Asia dan AFC Cup.

"Stadion Jakabaring sangat lengkap, dan kami pun telah mengetahui stadion ini sering menggelar pertandingan agenda AFC. Setelah kami amati, stadion ini masuk dalam grade A di Asia," ujar Suzuki Tokuaki.

Kedatangan Tim AFC itu ke beberapa klub di Indonesia dalam rangka untuk menentukan jumlah kuota pada ajang LCA dan AFC Cup.

Semula Indonesia mendapatkan jatah langsung tanpa melalui babak play-off untuk ajang LCA, namun jika hasil verifikasi kali ini menyatakan banyak klub di Indonesia berada pada level B dan level C, maka bisa jadi acuan tahun lalu akan diganti.

AFC melakukan verifikasi setiap tiga tahun sekali, sehingga akan dilakukan lagi pada 2014.

Sementara Sriwijaya FC sendiri akan ditetapkan levelnya setelah memeriksa keseluruhan berkas, Jumat (14/10).

"Deadline-nya besok untuk melengkapi berkas. Hasil verifikasi hari ini memang ada yang kurang dari segi administrasi," kata sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri Faisal Mursyid. (gk-23)

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments