• AMBISI SANG VETERAN

    Lama menghilang, Ilham Jaya Kesuma muncul kembali dengan ambisi tinggi di ranah sepak bola Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, striker veteran 33 tahun ini ingin membawa Sriwijaya FC (SFC) jadi kampiun Liga Indonesia.

    Siapa yang tak kenal Ilham di awal 2000-an. Bersama Persita Tangerang,pemain bertinggi 173 cm ini adalah ancaman paling menakutkan buat tim lawan.Bermodal speed dan power yang dimilikinya,dia menorehkan titel sebagai yang tersubur di Liga Indonesia 2002 dan 2004. Bukan hanya di klub,namanya juga harum di level Asia Tenggara.

    Penghargaan sebagai top skor Piala Tiger (sekarang Piala AFF) 2004 jadi bukti ketajaman daya gedornya.Total,dari 18 penampilannya bersama tim Merah Putih, Ilham mengoleksi 13 gol. Pesonanya itu yang membuat klub Malaysia MPPJ Selangor FC merekrutnya pada 2006.Tapi di Negeri Jiran,sinar Ilham meredup lantaran cedera panjang yang membelitnya.

    Dan sepulang dari Malaysia, nama besarnya perlahan bak lenyap di telan bumi. Bahkan, prestasinya pun tak terdengar setelah dirinya memutuskan hijrah ke Persisam Samarinda dan terakhir ke Mitra Kukar. Kini Ilham pun berusaha bangkit.Dia ingin menegaskan bahwa dirinya belumlah habis.

    Untuk itu,bomber kelahiran Kertapati,Palembang, 19 September 1978 ini pun rela menjalani seleksi di SFC.“Ini bagian dari keinginan saya bermain di klub kota kelahiran saya,”tutur Ilham. Beruntung Laskar Wong Kito bersedia memberi kesempatan seleksi untuk pria 33 tahun ini.Soalnya,Ilham pernah menolak pinangan SFC beberapa tahun lalu.

    Padahal,tim asal Palembang ini menyiapkan mahar yang cukup tinggi saat itu,senilai Rp1 miliar. Tapi kini,jika diterima sebagai keluarga SFC,Ilham berjanji memberikan semua kemampuannya.“Jika lolos seleksi, saya ingin meraih gelar dan membantu SFC mencapai target musim ini,”jelas Ilham. Ilham yang untuk sementara menggunakan kostum bernomor punggung 16 terlihat sangat enjoysaat mengikuti latihan sore di lapangan futsal.

    “Mudah-mudahan saya bisa bergabung di sini sehingga bisa lebih dekat dengan keluarga besar saya yang memang tinggal di Palembang.Saya yakin bisa lulus dari seleksi ini,”jelasnya optimis. Ilham merupakan salah satu sosok pemain yang saat ini memang dibutuhkan SFC.Posisinya sebagai seorang striker murni akan melengkapi komposisi pemain yang sudah ada saat ini.

    Apalagi,dari komposisi lini depan yang saat ini dimiliki Laskar Wong Kito,hanya Risky Novriansyah yang punya karakter sebagai targetman.Sementara penyerang utama lain yang ada di skuad SFC,seperti Hilton Moreira,Keith ‘Kayamba’ Gumbs, Rachmad ‘Poci’ Rivai,semuanya cenderung bertipikal second striker. Selain itu,Ilham juga bisa menutupi kegagalan SFC dalam perburuan mesin gol berkelas.

    Sebelumnya,peraih double winners Liga Indonesia dan Piala Indonesia 2007 ini gagal mendapatkan servis Bambang ‘Bepe’ Pamungkas, Cristian Gonzales,Alberto ‘Beto’ Goncalves,dan Herman Dzumafo Epandi. “Ilham sebenarnya seorang pemain yang bagus.

    Tetapi posisinya sebagai striker murni,membuat dia harus ditunjang dengan aliran bola dari lini kedua maupun sisi sayap agar dirinya bisa mendapatkan peluang.Dengan komposisi pemain yang kita punya,saya yakin Ilham bisa terus mendapatkan suplai bola sesuai yang diinginkannya,”papar Pelatih SFC Kas Hartadi.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com