• ILHAM LAMAR SFC

    Lama tak terdengar kabarnya, kini mantan punggawa timnas Indonesia dan putra asli Sumatera Selatan Ilham Jaya Kesuma tiba-tiba muncul dan menyatakan ingin bergabung dengan Sriwijaya FC (SFC).

    Ilham merupakan pemain bintang pada masa jayanya.Dia pernah menjadi top skor Liga Indonesia 2002 dan 2004 bersama Persita Tangerang dengan 22 gol.Bersama timnas,dia juga pernah menjadi bomber tersubur dengan mencetak 7 gol di Piala Tiger (kini Piala AFF) 2004.Namun,nama besarnya bukan jaminan untuknya masuk skuad SFC. Rencananya, Ilham akan datang hari ini ke Palembang untuk mengikuti seleksi.

    Kepastian ini diungkapkan langsung oleh Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainuddin kemarin. Menurut anggota DPRD Banyuasin ini, pemain yang mengawali karier sepak bola juniornya bersama PS Palembang ini menyatakan keinginannya untuk bergabung bersama SFC kepada manajemen dan pelatih melalui Firman Utina.

    “Selanjutnya,Firman kemudian mengatakan kepada saya mengenai hal itu. Kalau saya sih pada dasarnya tidak keberatan,tetapi keputusan akhirnya ada di tangan pelatih,karena merekalah yang akan memutuskan apakah Ilham layak atau tidak menjadi bagian dari tim kita musim depan,”ungkap Hendri. Memang,lanjut Hendri,jika dilihat dari pengalaman yang dimilikinya,kemampuan Ilham sudah tidak usah diragukan lagi.

    Tetapi karena dia terakhir kali bermain saat memperkuat Mitra Kukar pada 2009 lalu, Kas Hartadi selaku pelatih meminta agar Ilham mengikuti seleksi terlebih dahulu. Syarat tersebut diajukan oleh Kas, menurut Hendri,bukannya bermaksud ingin merendahkan kemampuan Ilham. Namun dalam usia yang sudah tidak muda lagi dan sudah mencapai 33 tahun,dia dikhawatirkan sulit untuk bersaing dengan para pemain muda Laskar Wong Kito.

    “Kalau kita senang saja Ilham bisa bergabung,apalagi dia memang putra daerah Sumsel.Kehadirannya di lapangan tentu akan membuat kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumsel, terutama warga Kertapati,tempat Ilham tinggal,”ungkap Hendri. “Tetapi karena usianya yang sudah tidak muda lagi,dan dia sudah lama tidak bermain di level tertinggi,maka sangat wajar kalau pelatih memintanya agar mengikuti seleksi terlebih dahulu,”jelasnya.

    Pada awal era Pelatih Rahmad ‘RD’ Darmawan,SFC sebenarnya sudah pernah menyatakan niatnya untuk memboyong pemain bertinggi 173 cm ini.Namun,saat itu Ilham secara tegas menolak dengan alasan sudah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Tangerang,sehingga dia tidak bisa begitu saja meninggalkan keluarganya. Kini setelah masa keemasannya habis dan hanya menggantungkan diri dari gajinya sebagai PNS,tiba-tiba Ilham menyatakan ingin bergabung bersama klub yang pernah ditolaknya.

    “Ilham mengatakan tertarik untuk bergabung bersama SFC karena melihat di sini ada Firman Utina,Ponaryo Astaman,dan pemain hebat lainnya,sehingga dia merasa yakin bisa mengembalikan masa kejayaannya seperti dulu lagi,”terang Hendri. Sementara itu,Pelatih SFC Kas Hartadi mengatakan sama sekali tidak bermaksud mengecilkan nama seorang Ilham dengan mengharuskannya mengikuti seleksi terlebih dahulu,sebelum diputuskan secara resmi bergabung.

    Kas hanya tidak ingin dirinya tak salah pilih.Apalagi,Ilham sudah lama tidak terdengar lagi kabarnya setelah terakhir dia bermain untuk Mitra Kukar 2009 lalu. “Saya diberikan tanggung jawab oleh manajemen untuk mengelola tim ini.Jadi, saya memiliki beban moril yang sangat tinggi jika seandainya saja nanti Ilham ternyata tidak bisa maksimal setelah kita rekrut.Karena target kita sangat tinggi untuk musim depan,yakni menjadi juara,” bebernya.

    Untuk itu,pelatih asal Solo ini terlebih dahulu akan melihat sejauh mana kualitas Ilham saat ini.Kas ingin mencari tahu apakah sang mesin gol masih setajam dahulu saat masih di puncak kariernya. Jika dalam jangka waktu sekitar satu minggu ke depan Ilham bisa memperlihatkan kualitas fisik dan stamina yang baik dan ketajaman dalam melakukan penyelesaian akhir yang bagus pula,maka Kas tidak segan-segan untuk memberikan rekomendasi agar pihak manajemen merekrutnya.“Saat ini pemain yang kita miliki sudah banyak,jadi kita harus benar-benar selektif dalam memilih calon pemain,”pungkasnya
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com