• Kas Hartadi Fokus Small Side Games

    Stadion Bumi Sriwijaya yang sedang direnovasi dan belum bisa dipakai sebagai tempat latihan sore Sriwijaya FC (SFC).Tak pelak,Pelatih SFC Kas Hartadi untuk sementara memindahkan lokasi latihan ke lapangan futsal yang berada di dekat Mes Pertiwi, tempat menginap para pemain.

    Pemindahan itu terpaksa dilakukan, karena hingga kemarin pihak manajemen belum menemukan di mana lapangan yang layak untuk dipakai pemain untuk melatih kerja sama dan kekompakan tim saat menyerang ataupun bertahan.Sementara untuk latihan pagi hari yang digunakan untuk meningkatkan kembali kondisi fisik dan stamina pemain setelah libur selama dua pekan,tetap digelar di lapangan sepak bola milik PT Pusri.

    Menurut Kas,karena kondisi lapangan futsal yang tidak begitu besar maka dia lebih memfokuskan pola latihan pada small side games.Tujuannya untuk meningkatkan kembali koordinasi para pemain.Apalagi sejak ditangani mantan pemain Kramayudha Tiga Belian (KTB) ini,SFC bermain lebih cenderung dengan bola-bola pendek dari kaki ke kaki. “Latihan small side games memainkan peranan besar dalam meningkatkan kerja sama antarpemain,baik itu dalam kondisi menyerang maupun bertahan.

    Karena dengan cara ini,pemain dilatih bagaimana caranya agar bisa terus melakukan penguasaan bola meskipun dalam kondisi tertekan,” ungkap pelatih yang dijuluki Si Kijang ini. Sentuhan bola dengan sistem satu dua, menurut Kas,memang harus terus dilatih. Dengan begitu,pemain bisa saling mengerti dan memahami apa yang diinginkan oleh pemain lainnya dan ke mana arah bola akan diumpankan.

    Mantan Asisten Pelatih Ivan Venkov Kolev ini melanjutkan,selain untuk meningkatkan koordinasi antarlini, pola latihan seperti ini juga sangat bagus bagi pembentukan karakter seorang pemain. Dengan latihan ini,mereka bisa terbiasa membaca pergerakan rekan satu timnya dan ke mana arah bola akan mengalir.

    “Yang pasti,pola latihan seperti ini harus terus diasah agar ada kesamaan feeling saat salah satu pemain mencoba memberikan bola kepada pemain lainnya,dan mengecoh lawan sehingga penguasaan bola tetap berada pada tim kita,”jelasnya. Latihan seperti ini,menurut Kas,akan terus dilakukan oleh SFC sampai mendapatkan lapangan yang cukup representatif sebagai tempat untuk latihan,

    karena tidak mungkin para pemain terus melakukan latihan di lapangan futsal tanpa adanya penerapan dengan menggunakan lapangan sepak bola. “Kita harus tetap mencari lapangan lain dan tidak terus latihan di lapangan futsal. Apalagi jika pelaksanaan Inter Island Cup (IIC) jadi dilaksanakan,persiapan kita harus lebih baik lagi sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.Dengan status juara musim lalu,kita juga pastinya akan tetap menargetkan untuk meraih juara,”pungkas pelatih asal Solo ini
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com