• Sriwijaya FC - Fisik Ilham Jaya Kesuma Masih Oke

    Pelatih Sriwijaya FC (SFC) Kas Hartadi salut dengan kualitas fisik yang dimiliki Ilham Jaya Kesuma.Dalam usia 33 tahun,mantan ikon Persita Tangerang ini masih memiliki stamina yang sangat baik.

    Hal itu terlihat saat top skor Piala Tiger (sekarang Piala AFF) 2004 ini mengikuti latihan bersama SFC di lapangan sepak bola milik PT Pusri kemarin pagi.Dalam latihan tersebut, Ilham terlihat bisa langsung mengimbangi materi fisik yang dipimpin langsung oleh Pelatih Fisik Keith Jerome ‘Kayamba’ Gumbs.

    Ini menandakan Ilham selama ini selalu menjaga kualitas fisiknya dengan baik,demi menunjang profesinya sebagai pemain sepak bola.Wajar saja jika dia kini sangat percaya diri bisa diterima di SFC dan menjadi pengganti Budi Sudarsono sebagai mesin gol Laskar Wong Kito.

    “Dari penilaian sementara ini,saya lihat Ilham masih memiliki kondisi fisik yang oke, meskipun usianya sudah tidak muda lagi. Kini tinggal lagi bagaimana dia memperlihatkan dan meyakinkan kepada kita nalurinya sebagai seorang mesin gol pun masih tetap sama, ”ungkap Kas.

    Arsitek asal Solo ini melanjutkan, rencananya dia akan memberikan kesempatan kepada pemain yang pernah merumput bersama klub Malaysia Selangor FC ini sampai usai mengikuti training camp (TC),dan rangkaian uji coba yang akan dilaksanakan di Solo selama penyelenggaraan SEA Games XXVI nanti.

    Pelatih yang dijuluki Si Kijang ini tidak bisa begitu saja memberikan penilaian secara menyeluruh kepada pemain yang musim lalu sukses membawa Mitra Kukar promosi ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia ini,tanpa melihat langsung penampilannya saat bertanding.

    Untuk itulah,Kas telah memberitahukan kepada Ilham,jika dirinya benar-benar berniat bergabung bersama SFC maka setidaknya dia harus bisa sejajar dengan kualitas striker yang dimiliki Laskar Wong Kito saat ini,seperti Kayamba dan Riski Novriansyah,serta membuktikannya saat uji coba nanti.

    “Jadi,proses penilaian terhadap Ilham cukup panjang.Saya juga sudah bilang dengan manajemen kalau dia (Ilham) akan diseleksi hingga selesainya kegiatan TC dan uji coba di Solo,bukan hanya di Palembang. Karena di sini,kita hanya fokus pada peningkatan fisik dan stamina dan small side gamessaja,”jelasnya.

    Ilham sendiri merupakan salah satu sosok pemain yang saat ini memang dibutuhkan SFC.Posisinya sebagai seorang striker murni akan melengkapi komposisi pemain yang sudah ada saat ini.Apalagi jika dilihat dari segi kualitas,Ilham masih lebih baik dari Budi Sudarsono yang memilih hengkang ke Deltras Sidoarjo.

    Saat masih sama-sama berseragam timnas Indonesia,Budi dan Ilham samasama menjadi andalan di lini depan tim Merah Putih saat masih di bawah komando Arsitek Ivan Kolev ataupun Peter White. Akan tetapi,sinar Ilham mulai meredup setelah dirinya kembali dari Malaysia pada 2007 dan kembali bergabung dengan Persita Tangerang.Selama satu musim di La Viola– julukan Persita,dia hanya mampu menyumbangkan 1 gol dari 24 kali penampilannya.

    Bahkan,prestasinya pun semakin menurun setelah dirinya memutuskan hijrah ke Persisam Samarinda dan terakhir ke Mitra Kukar. “Ilham sebenarnya seorang pemain yang bagus. Tetapi karena posisinya sebagai striker murni,membuat dia harus ditunjang dengan aliran bola dari lini kedua maupun sisi sayap agar dirinya bisa mendapatkan peluang”katanya.

    Selain itu,mungkin di klub sebelumnya dia kurang mendapatkan kontribusi umpanumpan matang.Tetapi dengan komposisi pemain berkualitas yang dimiliki SFC,Kas yakin Ilham akan terus mendapatkan suplai bola sesuai yang diinginkannya.

    Sementara itu,Ilham yang untuk sementara menggunakan kostum bernomor punggung 16 terlihat sangat enjoy saat mengikuti latihan sore di lapangan futsal dekat Mes Pertiwi.Dia juga masih sangat baik dalam melakukan jagling bola.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com