Kekuatan Penuh

Menghadapi tuan rumah PS Sleman di Stadion Manguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (19/11), skuad Sriwijaya FC (SFC) bakal lebih percaya diri. Laskar Wong Kito akan berlaga dengan kekuatan penuh.

Lima pemain SFC yang memperkuat timnas senior,Ferry Rotinsulu,M Ridwan,Mahyadi Panggabean,Supardi, serta Firman Utina sudah kembali bergabung dengan Ponaryo Astaman dkk.Kelima pemain tersebut berpeluang langsung turun sebagai starter.“Besok (hari ini),mereka datang dan langsung bergabung bersama dengan lainnya. Kelimanya akan kami mainkan di laga bersama PSS nanti,”ujar Kas,kemarin.

Kembalinya lima pemain tersebut tentu melegakan.Sebab,tanpa kelimanya,penampilan Laskar Wong Kito di tiga laga uji coba terakhir terlihat meragukan.Meski menang telak 3-0 atas Persidafon Dafonsoro,Ponaryo dkk kemudian kalah penalti melawan Pelita Jaya Indonesia di Stadion Singaperbangsa,Karawang.Mereka juga kalah 0-2 saat menghadapi Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung,Bantul.

Meski kalah lewat set piece,tetap saja hasil negatif itu membuat beberapa pihak khawatir. Kekhawatiran muncul karena pemain pelapis yang diharapkan bisa tampil bagus justru kurang begitu memuaskan. Penampilan Rizky Novriansyah, misalnya,jauh dari memuaskan. Diharapkan bisa menjadi tumpuan utama di lini depan SFC,Rizky tak bisa memberikan kontribusi maksimal.

Rahmat ‘Poci’ Rivai juga mengaku belum nyaman menggantikan posisi Firman. Kas sendiri tetap akan menggunakan 4-2-3-1.Strategi yang sering dipakai SFC dalam menghadapi berbagai pertandingan sebelumnya.Mantan pemain timnas Indonesia ini pun lebih optimis jika berstrategi menyerang akan lebih mumpuni dengan kemampuan para pemain inti yang lengkap.

Kendati belum mau memberikan siapa nama para pemain yang akan diturunkan,Kas mengatakan beberapa nama pemain skuad SFC yang akan dipasangkan dalam laga bersama dengan PS Sleman.Di barisan depan,Kas masih menyebut nama Rizky,Poci,Siswanto, Firman,Hilton Moreira,dan Ponaryo.

Lalu,selanjutnya akan dipasangkan M Ridwan,Mahyadi,Thierry Gathuessi, Ahmad Jupriyanto,Nova Arianto, dan Achmad Markus Bahtiar. Kendati memasang formasi yang dianggap lengkap,Kas masih memastikan tidak menutup kemungkinan akan ada pemain cadangan yang akan dipasang untuk menggantikan. Karena para pemain yang diturunkan,dipastikan Kas,merupakan para pemain dengan kondisi fisik dan siap bertanding.

“Mungkin juga ada pemain cadangan.Kita lihat perkembangan permainanlah,”kata Kas. Kas optimistis Ponaryo dkk akan lebih baik dari dua laga sebelumnya.“Artinya, tidak menggunakan pemain lapis. Mereka pemain inti,yang kondisi fisiknya siap bermain.Karena itu,kami turunkan dalam laga uji coba kali ini,” tandas Kas. Sementara itu,skuad SFC masih memusatkan diri berlatih di Solo dengan jadwal latihan sore di Stadion Mahanan, Solo.

“Kami masih di Solo.Pada hari pertandingan,Sabtu,barulah skuad SFC menuju Sleman, Yogyakarta,”ucap pemain belakang SFC Bahtiar,kemarin. Dari Yogyakarta, Pelatih PSS Widyantoro terkesan merendah.Dia menyebut kekuatan SFC jauh di atas PSS.“Mereka kantim bagus di Indonesia.Jadi,anggap saja ini pembelajaran buat pemain,”ujar Widyantoro.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments