Masih Percaya 4 - 2 - 3 - 1

Kekuatan Sriwijaya FC (SFC) akan kembali diuji. Setelah menjalani laga pemanasan melawan Pelita Jaya FC dan Persidafon Dafonsoro, pasukan Kas Hartadi akan melawan Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung, siang nanti.

Melawan tim debutan Liga Pro I,Laskar Wong Kito tetap akan tampil menyerang dengan formasi 4-2-3-1.Meski pada saat melawan Pelita,formasi ini kurang terlihat menggigit. Sebab,dengan formasi ini,Kas berharap ada keseimbangan antara bertahan dan menyerang. Karena dengan komposisi ini, SFC akan memiliki empat pemain di pertahanan lawan,saat menyerang,dan lima pemain tengah yang ketika kehilangan bola.

“Jadwal dan lokasi main mengalami perubahan sedikit.Bagaimanapun Sriwijaya sudah melakukan pematangan fisik.Kami akan tetap bermain menyerang,”ujar Kas kemarin. Komposisi pemain yang diturunkan pun tidak berbeda jauh dengan list yang dimainkan pada pertandingan kompetisi pra musim di Karawang,pekan lalu.

Sebagai penyerang tunggal,SFC akan memasang Risky Novriansyah.Lini tengah,terutama kiri lapangan,pemain sayap yang berhasil mencetak gol pada pekan lalu,Siswanto, berkolaborasi bersama dua pemain lainnya, Hilton Moreira dan Rahmad “Poci”Rivai. Sama,Poci kali ini pun diharapkan mampu menggantikan posisi gelandang Firman Utina.

Ketiga gelandang ini diharapkan mampu berperan aktif mengingat tuan rumah Persiba diperkirakan hanya memasang pemain yang sebenarnya gelandang bertahan, tapi dipaksa ke belakang menahan serangan dan mendampingi dua pemain lainnya. Sementara,top skor SFC di laga uji coba Karawang lalu,Hilton Moreira masih dipuji karena gerakan lincahnya dalam setiap lini.

Kali ini pemain berpola menyerang ini diharapkan mampu menyumbangkan gol-gol untuk SFC.Dengan kondisi ini,diakui Kas, cukup memberikan sumbangsih strategis akan ritme pemainan bola cepat para pemain depan. Di lini ini pula,Kas berharap para pemain mampu melakukan pengembangan teknis dan kemampuan bermain serang.“Di laga kompetisi kemarin,gerakan aktif ketiga pemain depan ini sangat baik,”puji Kas.

Sebagai penyeimbang,Kas percaya memasang pemain dari Korea Lim Jun Sik dan Ponaryo Astaman sebagai gelandang jangkar diharapkan akan mampu bergerak lebih depan membantu lambung-lambung bola serangan.Dengan begitu,kolaborasi apik Poci-Hilton- Rizky,Ponaryo-Siswanto- Risky,atau Ponaryo-Poci-Risky juga diharapkan lebih matang.

Merasa tidak cukup puas dengan memperkuat serangan,Kas memastikan bagian pertahanan SFC akan memasang Thieery Gathusessi,Ahmad Juprianto,Nova Arianto,dan Rendi Siregar. Mantan pemain PS Makassar,Rendi,yang lebih mampu bergerak ke depan,juga dapat mendukung bola serangan,termasuk menghentikan laju penyerangan lawan.“Pemain yang diturunkan di TC tidak jauh beda seperti di turnamen kemarin,”ujar Kas.

Sama halnya dengan lawan mainnya,kali ini Persiba juga harus melewati laga TC bersama SFC,tanpa pemain center bek,Wahyu Wijiastanto,lantaran membela Timnas senior. Sementara,pemain belakang lainnya, Slamet Widodo,masih mengalami cedera. Sementara itu,Poci mengungkapkan sudah siap saat tampil melawan Persiba.Menurut dia,setelah melewati tahap latihan di Palembang dan saat ini,memusatkan latihan di Solo,menjadi kesempatan yang baik dalam mengembangkan teknis dan fisik.

Berlaga bersama dengan Persiba Bantul, peluang untuk meningkatkan sinkronitas para pemain SFC.“Dalam setiap laga,seluruh pemain diharapkan siap bertanding. Apalagi tadi sudah dalam tahap latihan pematangan,”pungkasnya

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments