REALISTIS PAKAI 4-3-3

Duel uji coba melawan Pelita Jaya FC dan Persidafon Dafonsoro di depan mata. Bertempat di Stadion Singaperbangsa, Karawang, pasukan Sriwijaya FC (SFC) akan melawan Pelita di laga perdana, besok.

Meski begitu,Pelatih SFC Kas Hartadi belum sepenuhnya membuka formasi,strategi,dan komposisi pemain yang akan diturunkan.“Semuanya baru saya putuskan besok.Sekarang masih dalam tahap pematangan,”kata Kas kepada HATTRICK, kemarin. Kas boleh saja belum mau membuka strategi atau komposisi yang akan dipakai.Tapi, kemungkinan besar,Kas memilih menggunakan formasi 4-3-3.

Pilihan ini lebih realistis mengingat kondisi dan ambisi yang ingin dibangun SFC. Selain ingin menyuguhkan sepak bola menyerang, Kas juga mengalami krisis pemain di sektor sayap seiring dipanggilnya M Ridwan.Ketiadaan M membuat pelatih asal Solo itu tak punya banyak pilihan di pos winger.

Stok melimpah justru terlihat di barisan gelandang. Ada Ponaryo Astaman, Syamsul Cheruddin, dan Hilton Moreira.Lini depan pilihan juga cukup terbuka.Di luar nama Ilham Jayakesuma,Kas ada opsi pada nama Rizki Novriansyah dan Rahmat ‘Poci’ Rivai. Dengan komposisi itu,skema 4-3-3 menjadi pilihan yang realistis.Setidaknya,untuk lini tengah,ada dua kombinasi yang dipilih. Menempatkan duet Syamsul-Ponaryo-Poci, atau Syamsul-Ponaryo-Hilton.

Tapi,merunut kebiasaan,terbuka peluang kombinasinya adalah Syamsul-Ponaryodan Poci.Poci menempati posisi yang ditinggalkan Firman Utina.Sedangkan,Syamsul dan Ponaryo sebagai gelandang jangkar. Sementara,Hilton lebih cocok digeser ke depan,menemani Ilham yang kemungkinan tampil sebagai striker utama.Hilton akan dipasang agak melebar ke kiri,sedangkan di kanan masih ada Siswanto.

“Belum ada winger tidak membuat SFC lemah.SFC akan optimalkan pemain yang ada.SFC kemungkinan akan tetap main tanpa winger sampai kompetisi kedua nanti,” ujar Kas kemarin. Kas mengakui pemain yang berperan sebagai winger sangat membantu ritme bermain SFC yang dikenal dengan permainan cepat.“Semua tergantung keputusan manajemen,apakah akan masih bertahan tanpa winger atau akan merekrut,”kata Kas.

Dia berharap Ponaryo dkk dapat lebih disiplin dalam bertahan.Sebab,mereka dipadati pemain naturalisasi seperti Diego Michels,Ruben Wuarnabaran, dan Jhon van Beukering.Klub asal Jawa Barat ini merupakan lawan yang cukup tangguh. Selain itu,serangan striker tim nasional Malaysia Safee Sali juga bisa membuat Ahmad Jupriyanto dkk bekerja keras.“Semua pemain dalam posisi manapun harus bermain baik dan dispilin,”tandas Kas.

Melawan Laskar Wong Kito,Pelita juga mengalami nasib yang sama.Mereka dipaksa bermain tanpa empat pemain inti,di antaranya pemain gelandang Egi Melgiansyah yang tengah memperkuat timnas U-23. Lalu,tiga pemain lainnya,yakni dua pemain gelandang Joko Sasongko dan Dedi Kusnandar ditambah pemain bek,Abdulrahman yang juga memperkuat timnas U-23.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments