REDAM GELANDANG LAWAN

Lini tengah menjadi konsentrasi Pelatih Sriwijaya FC (SFC) saat laga uji coba melawan PSS Sleman di Stadion Manguwoharjo, Sleman Yogyakarta, sore nanti. Kekalahan dalam dua uji coba sebelumnya membuat Laskar Wong Kito tak mau terlena.


PSS menjadi lawan ketiga Laskar Wong Kito dalam tur Jawa yang mereka lakoni.Pada uji coba perdana di Stadion Singaperbangsa, Karawang,Jawa Barat,SFC berhasil menjinakkan Persidafon Dafonsoro dengan skor 3-0.Setelah itu,Ponaryo Astaman dkk dipaksa menyerah dalam drama adu penalti melawan Pelita Jaya FC.

Dari Karawang,SFC kemudian terbang ke Yogyakarta.Di Kota Gudeg ini pasukan Kas Hartadi beruji coba melawan Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung,Bantul. Hasilnya,lagi-lagi Laskar Wong Kito menyerah 0-2,lewat tendangan bebas. Nah,tidak mau mengulang kegagalan di laga sebelumnya,Ferry Rotinsulu dkk kini lebih disiapkan menghadapi PSS.

Meski berlabel uji coba,Kas akan memperhatikan fungsi gelandang lawan.Menurut pelatih asal Solo ini,saat menghadapi klub yang memasang dua striker dan dua pemain sayap,salah satu opsi strategi yang lebih baik digunakan dengan mematikan peran dan fungsi dari lini tengah lawan.“Satu cara yang efektif,yakni mewaspadai dan meminimalkan fungsi pemain tengahnya,”ujar Kas,kemarin.

Kas tidak akan banyak melakukan perubahan.Mantan pemain timnas ini masih lebih percaya menempatkan striker tunggal di depan lapangan dan bermain dengan pola 4-2-3-1.Dengan ritme bola pendek dan becermin dengan laga uji coba sebelumnya, striker murni seperti Risky Novarianysah dan Ilham Jayakusuma masih akan dipasang di baris depan lapangan.“Ini laga perdana bagi kami sehingga untuk menilai atau berstrategi lebih banyak juga melihat pengembangan tandingnya,”ujar Kas.

Seolah tidak mau meremehkan,Kas mengungkapkan jika skuad SFC harus membiasakan diri agar tidak menilai lawan tanding hanya dari pengalaman laga atau strategi formasi pemain. Karena,jika menghadapi klub yang belum “bernama” sekalipun,tugas para pemain,yakni mempersiapkan strategi,fisik,dan mental dalam setiap akan berlaga.“Terpenting harus siap dengan siapa pun lawan yang dihadapi,”ujarnya.

Skuad SFC telah diperkuat lima pemain inti yang sempat memperkuat timnas senior. Mereka di antaranya kiper Ferry,M Ridwan, Mahyadi Panggabean,Supardi Nazir,dan Firman Utina.Kas memastikan jika kelima punggawa tersebut dalam kondisi siap diturunkan dalam laga uji coba kali ini.

Dengan kondisi ini,beberapa nama pemain lainnya yang akan dipasangkan Kas guna membentuk kolaborasi apik.Sementara di barisan pertahanan,Kas masih akan memasang Thierry Gathusessi,Ahmad Jupriyanto, Supardi,dan Mahyadi Panggabean. “Sampai dengan latihan pematangan sore kemarin,kami masih bermain di Manahan,Solo,besok baru ke Yogyakarta guna bertanding,”kata pemain depan SFC Rahmad Rivai kepada HATTRICK.

Sementara skuad SFC masih belum lengkap.Terdapat tiga pemain inti yang belum merapat karena masih memperkuat timnas.Mereka di antaranya dua pemain SFC kiper Ricki Mokodompit,bek Septia Hadi,lalu penyerang idola SFC Kieth Kayamba Gumbs yang masih memperkuat timnas negaranya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments