ROTASI PEMAIN

Kehilangan enam pemain utama karena harus memperkuat tim nasional, menghadirkan dua sisi buat Pelatih Sriwijaya FC (SFC) Kas Hartadi. Ada kerugian, tapi bisa juga memunculkan berkah tersendiri untuk timnya.

Rugi,karena di turnamen pemanasan itu kabarnya akan diikuti tim-tim terbaik di Indonesia.Pada turnamen tersebut, LaskarWong Kito bisa menjajal sebaik apa skuad yang mereka persiapkan sejauh ini.Tapi,tanpa sederet pilar terbaik mereka,rencana menjadikan turnamen sebagai tolok ukur kekuatan SFC jelas menjadi diragukan. Akhirnya,jika kemudian Ilham Jayakesuma dkk gagal meraih hasil maksimal,manajemen dan pelatih bisa berkilah bahwa SFC tidak tampil dengan kekuatan terbaiknya.

Namun,di sisi lain,absennya enam pemain tersebut menjadi kesempatan emas pemain muda dan Kas untuk mengerahkan kemampuan yang dimiliki. Tanpa Keith Kayamba Gumbs dkk, pemain yang berasal dari SFC junior atau juga para penghuni bangku cadangan berkesempatan unjug gigi. Sisi inilah yang coba dimanfaatkan Kas Hartadi. “Pengaruh hilangnya enam pemain itu ada.

Tapi,tidak akan menganggu laga yang akan dihadapi.Seluruh pemain, termasuk manggang,siap diterjunkan,” kata Pelatih SFC Kas kemarin. Mantan pemain tim nasional ini mengungkapkan,SFC akan mengirim 28 pemain.Dari jumlah itu,lima pemain adalah pemain magang.Sebut saja penjaga gawang Try Hamdani Goetara,Rizki Y Rahmadi (striker),Hairul Huda (pemain SFC U-21),mantan bintang (penyerang), M Rindani Hutara,dan Ruli Saputra (belakang).

Sehingga,dengan kondisi pemain seperti ini,Kas memastikan akan sering melakukan rotasi pemain dalam berbagai laga ke depan. “Kita maksimalkan pemain dalam setiap laga.Karena kemungkinan baik pemain inti dan mangang akan ada,”ujarnya. Kas juga mengungkapkan potensi keempat pemain magang,dapat dimaksimalkan.“Dengan kondisi ini, tentu pemain lapis kedua akan turun, namun potensi pemain manggang juga bisa dioptimalkan lebih baik,”katanya.

Apalagi,selama latihan di Palembang, lanjut Pelatih Solo para pemain telah memperbaiki, performancedan teknis permainan tersendiri.“Saya nilai cukup. Di latihan para pemain sudah optimal dan siap tanding,mulai dari teknis,fisik, hingga kolaborasi pemain lapis dan magang,”tambahnya.

Walau cukup optimistis,Kas sendiri belum mau memberikan bocoran para pemain yang akan diterjunkan dalam laga tanpa enam pemain.“Itu perkembangan jadwal,dan pengaturan kekuatan dalam menghadapi berbagai kompetisi selanjutnya. Nanti juga akan tau,”ujarnya.

Selain itu,Kas juga mengungkapkan kemungkinan adanya perubahan laga dan jadwal tanding bagi para anak asuhnya dapat saja terjadi.“Saat ini,kita siapkan mereka untuk tanding.Lawan siapa dan dimana main,baik uji coba maupun kompetisi belum dikonfirmasi,”tandas dia.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments