Benahi Organisasi & Konsentrasi Sriwijaya FC

Kemenangan Sriwijaya FC atas PSPS Pekanbaru, ternyata tidak dinilai sempurna oleh sang pelatih Kas Hartadi.

Legenda sepakbola timnas Indonesia itu mengaku masih ada beberapa hal yang harus dibenahinya. Salah satu yang perlu ditingkatkan adalah tingkat organisasi permainan.

"Secara keseluruhan pemain sudah bisa memainkan sepakbola seperti yang saya inginkan. Tetapi tetap harus ada perbaikan dan dilakukan pembenahan. Kelemahan tersebut sangat kentara pada laga lawan PSPS," kata Kas Hartadi, Senin (12/12).

Kelemahan yang dimaksud adalah lemahnya organisasi permainan Keith Kayamba Gumbs dan kawan kawan. Terutama saat Sriwijaya sudah unggul 2-0. Setelah itu praktis tidak ada peluang emas yang mampu dihasilkan anak asuhnya.

Akibat lemahnya tekanan tersebut membuat permainan skuad Asykar Bertuah semakin berkembang terutama di babak kedua. Akibatnya, tim tamu bisa sesekali melakukan tekanan lewat proses counter attack atau serangan yang dibangun dari bawah.

”Harusnya pemain tetap tampil menyerang meski sudah unggul dua gol. Karena kita hilang keseimbangan membuat lawan mudah mencari kelemahan kita," terangnya.

Selain soal organisasi permainan, timnya masih sering kehilangan kosentrasi yang harus dibayar dengan gol Herman Dzumafo, tiga menit sebelum bubaran.

"Transisi dan konsentrasi pemain kami belum baik. Karena itu, kedua hal tersebut akan menjadi fokus perbaikan kami selanjutnya,” terang mantan pelatih Persimuba itu.

Dan jelang lawan Persija Jakarta, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (18/12) mendatang, beberapa langkah evaluasi sudah dilakukan agar hal itu tidak terulang. Apalagi pertandingan dimainkan di kandang sendiri.

“Kami akan melakukan evaluasi kelemahan di semua lini. Terutama yang menjadi kekurangan adalah transisi permainan saat menguasai bola dan ketika kehilangan bola. Saya rasa perbaikan itu yang paling krusial. Apalagi, kualitas Persija jauh lebih baik ketimbang PSPS dan terakhir mereka menggilas Persiram 0-6,” kata Kas.

Berhubung pertandingan masih cukup lama, Kas menyatakan kalau dirnya hanya memberikan materi fit conditioning. Pemain diharapkan tampil dalam kondisi bagus serta dalam kondisi prima. Karena itu, pemain yang turun lawan PSPS tidak mengikuti latihan dan hanya melakukan renang di Hotel Swarna Dwipa.

”Bagi pemain yang tidak tampil melakukan latihan rutin di lapangan Pusri. Kita harus cermat dalam menjaga kondisi. Padatnya jadwal serta kerasnya pertandingan, membuat pemain bisa mengalami kelelahan. Mudah-mudahan saat pertandingan nanti, kondisi semua pemain SFC fit semua," harapnya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments