Bermain Cepat, SFC Andalkan Pemain ke-12

Dengan bermain di kandang dan tentunya mendapat dukungan dari suporter yang kerap disebut sebagai pemain ke 12 tim sepak bola akan membangkitkan semangat para pemain SFC.


“Jujur saya sedikit buta kekuatan PSPS musim ini, karena dari dua pertandingan mereka di ISL tidak pernah disiarkan. Praktis, saya tidak punya rekaman dan referensi kekuatan PSPS,” ujar pelatih SFC, Kas Hartadi, Jumat (9/12/2011).

SFC tidak boleh meremehkan kekuatan Asykar Bertuah pada laga bertajuk Derby Sumatera itu. Demi meraih kemenangan, tidak ada cara lain selain menerapkan pola offensif dan melakukan pressing ketat sejak menit awal.

“Ini laga kandang jadi pasti kami akan tampil menyerang. Tidak ada celah yang bakal kami berikan terhadap PSPS. Strategi pressing akan lebih ketat dibandingkan saat melawan Pelita dan Persib,” katanya.

Musim lalu, SFC berhasil unggul atas PSPS dari dua kali pertemuan. Di kandang PSPS, SFC unggul 1-0 lewat gol tunggal Keith Kayamba Gumbs. Sementara saat menjamu PSPS di Jakabaring, Laskar Sriwijaya menang 2-1 lewat dwigol Kayamba.

Sementara gol balasan PSPS dicetak Herman Dzumafo Epandi. Meski begitu, Sriwijaya tetap tidak akan memandang remeh kekuatan tim tamu. “Tentu mereka datang ke Palembang dengan target mencuri poin. Apalagi, di laga terakhir mereka ditekuk Deltras Sidoarjo 0-1, sehingga mereka akan bermain habis-habisan untuk memenuhi misi itu,” timpal Kas.

Pelatih asal Solo itu menilai, PSPS pasti sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Sriwijaya. Ia juga yakin tim tamu tidak akan menerapkan strategi negatif football, namun akan meladeni permainan menyerang SFC untuk menciptakan gol terlebih dahulu.

“Kalau mereka bermain bertahan pasti mereka tetap akan kebobolan, sementara bila mereka bermain menyerang peluang mereka untuk menciptakan gol juga terbuka, dan membuat kita fokus pada pertahanan. Sejauh ini peta kekuatan mereka tidak berubah dan masih mengandalkan Herman Dzumafo sebagai ujung tombak. Sementara lini tengah diisi Patrice Nzekou dan Ade Suhendra,” pungkasnya.

Tidak Gentar

Kubu PSPS optimis bisa mencuri poin pada laga ketiga menghadapi Sriwijaya FC. Pasalnya, mereka butuh poin setelah ditekuk Deltras Sidoarjo 0-1, di Pekanbaru.

"Misi kita bermain di Jakabaring adalah mencuri poin, dan kita juga yakin dengan kondisi tim kita saat ini, yang sudah menampakkan perkembangan saat latihan beberapa hari terakhir," ujar Pelatih PSPS, Mundari Karya.

Ia berharap performa pemain anak asuhnya tetap bertahan dan konsisten pada kualitas permainannya. "Baik dari kepaduan tim, begitu juga dengan skil individu dan fisik pemain sudah bagus, makanya kita yakin dan optimis bisa mencuri poin di kandang Sriwijaya nanti," ujar Mundari.

Mundari juga tidak gentar dengan kualitas pemain SFC yang dihuni pemain-pemain berpengalaman, meskipun kualitas pemainnya di bawah Sriwijaya FC.

"Kita tidak pernah gentar dengan kualitas pemain SFC, namun kita optimis juga dengan kualitas yang kita miliki, dan semuanya itu tidak bisa diukur dari kualitas pemain. Misi kita hanya bisa mencuri poin," tandasnya.


Rekor Pertemuan

2011, ISL Sriwijaya FC 2 – PSPS 1
2010, ISL PSPS 0 – Sriwijaya FC 1
2010, Piala Indonesia Sriwijaya FC 1 – PSPS 1
2010, ISL PSPS 2 – Sriwijaya FC 0
2010, ISL Sriwijaya FC 1 – PSPS 0
2005, Divisi Utama Sriwijaya FC 4 – PSPS 1
2005, Divisi Utama PSPS 3 – Sriwijaya FC 0

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments