• Firman akan Taklukkan Miljan

    Stadion Jalak Harupat Bandung akan menjadi saksi perhelatan dua raksasa sepakbola Indonesia, Sriwijaya FC versus Persib, Rabu (7/12) besok pukul 15.30. Duel ini dipastikan akan menyajikan aksi-aksi heroik dan uji kualitas skill tim maupun individual pemain di semua sektor, terutama lini tengah.

    Playker Firman Utina yang sempat terancam ketika divonis mengidap hepatitis B akhir April 2011 lalu, faktanya, begitu sembuh, tetap tampil konsisten. Timnas pun tetap memakai jasa pemain asal Manado hingga kini. Berpostur gempal dengan tinggi 165 cm, tidak menghalangi Firman untuk mendominasi dan menguasai lapangan tengah.

    Bakatnya sebagai seorang playmaker, pemain yang berposisi di belakang para penyerang atau penyerang tengah, dilengkapi dengan kemampuan umpan-umpan akurat baik dari variasi krossing, tendangan pojok ataupun bola-bola mati adalah kelebihannya.

    Tetapi mental mantan pemain Persija Jakarta dan Pelita Jaya, akan diuji oleh sorak sorai puluhan ribu suporter tim berjuluk Maung Bandung itu. Firman diyakini tidak akan leluasa mengeksplorasi kelihaiannya. Apalagi dia akan dihadang oleh rivalnya dari Bandung, Miljan Radovic. Miljan yang berposisi sama, memiliki kemampuan nyaris serupa dan lihai dalam menginspirasi gol.

    Miljan yang masuk ke Persib paruh musim 2010/2011 lalu adalah ruh permainan klub Kota Kembang itu. Dribling dan umpan-umpan akurat serta kemampuannya mengambil bola-bola mati menjadi penentu hasil pertandingan. Kemenangan atas Persiram 3-2 pada Sabtu (3/12) lalu tidak lepas dari kontribusi dan kreasi sang playmaker.

    Siapakah yang akan memenangkan laga ini? Sekedar catatan, Firman yang tampil atraktif kala menumbangkan Pelita Jaya 3-1, Sabtu lalu, sudah mengemas 3 assist kepada para pencetak gol SFC. Dia pun sangat rajin menusuk ke kotak penalti, bermain lepas, pandai mencari celah, dan tercatat 15 kali ia melepas umpan-umpan akurat bagi dari permainan maupun bola mati.

    Sementara Miljan baru mengemas satu assist. Namun gelandang serang asal Serbio Montenegro itu mencetak satu gol lewat titik penalti. Dengan kemampuan nyaris sama, kedua gelandang ini akan bertanding secara head to head di lini tengah.

    Terkait dengan kemampuan Miljan, dinilai Firman sebagai salah satu kekuatan Persib yang harus diwaspadai. Gelandang serangan berpostur 183 itu, sangat licin dan kerap memanfaatkan celah kosong tim lawan.

    “Dia tipe penjelajah dan sangat berbahaya, musim lalu kami kalah 0-1 karena kemampuannya,” jelas Firman.

    Namun Firman mengaku, SFC selalu mengandalkan koletivitas, sebagai pemain dia pasti berbenturan dan adu fisik serta kreasi dengan Miljan. “Saya tidak sendiri ada mas Popon dan Lim yang juga melakukan penjagaan di area tengah,” urainya.

    Ketika lawan Pelita, Firman yang dipasang lebih ke depan tampil apik bersama Kayamba. Dia kerap bertukar posisi dengan Gumbs yang konsisten menyisir lini tengah dan kanan. Sementara pos kiri memang menjadi milik Siswanto, meski kerap kali, Sis sapaannya juga bergeser ke kanan jika Kayamba bergerak ke kiri.

    Curi Poin
    Para punggawa Laskar Wong Kito pun dalam motivasi tinggi sehabis mengalahkan Pelita Jaya Karawang 3-1, Sabtu (3/12). Namun Kas memperingatkan anak asuhnya agar tidak boleh jemawa. Karena Persib juga dalam kondisi onfire sehabis menghajar Persiram Raja Ampat 3-2.

    Para pemain diharuskan waspada dan konsentrasi untuk mendapatkan satu poin dari kandang Persib. “Kita targetkan tahan imbang Persib, mencuri satu poin adalah sesuatu yang luar biasa. Karena kita tahu Persib memiliki pemain berkualitas di semua lini,” jelas Kas.

    Menurut Kas, Gumbs cs harus bekerja keras untuk menembus benteng kokoh Persib yang diperkuat Abanda Herman dkk. Selain itu rekor pertemuan SFC juga terbilang bagus kalah bertemu Persib. Dalam enam kali pertandingan terakhir SFC mampu menang dua kali, ditahan imbang satu kali dan kalah 3 kali. Namun SFC seperti sulit meraih kemenangan di kandang lawan, kecuali pada musim 2007/2008 ketika Ferry dkk menang dengan skor tipis 1-0 pada 26 November.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com