• Rotasi buat Motivasi

    Head coach Sriwijaya FC Kas Hartadi selalu mengatakan tidak ada pemain cadangan pada skuadnya. Dengan begitu, jelas semua pemain punya kesempatan sama, untuk masuk starting eleven. Meskipun demikian tidak semua pemain bisa masuk inti. Karena itu dia hanya akan menurunkan pemain sesuai kebutuhan sesuai baik strategi maupun formasi.

    “Kami punya penilaian pada para pemain mulai dari sesi latihan hingga kesiapan baik mental maupun fisik. Dengan begitu, kami bisa mengambil kesimpulan bahwa pemain yang paling siap bakal jadi pilihan utama,” kata dia kepada Sumatera Ekspres kemarin, (26/12).

    So, setiap laga kemungkinan besar terjadi perubahan komposisi. Kas (begitu akrab disapa) memilih jalan rotasi tersebut untuk memberi kesempatan pada para pemain agar selalu bersaing secara sehat serta sportif. Sekaligus sebagai motivasi pada pemain agar selalu tampil maksimal.

    “Kalau ada rotasi pemain tentu akan lebih giat. Jelas mereka bakal beromba-lomba untuk keluarkan kemampuan terbaik, tidak hanya saat bertanding namun juga saat berlatih,” tambah mantan pemain tim nasional (timnas) Indonesia ini.

    Karenanya dia tidak menampik jika komposisi pemain yang bakal disiapkan hadapi Persela Lamongan pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) 4 Januari 2012 mendatang bakal alami perbedaan dengan laga sebelum saat kalahkan Persija Jakarta 2-1 di Palembang (18/12) lalu. Misal barisan belakang untuk posisi center defender kemungkinan akan menurunkan duat Thierry Gathuessi dan Nova Arianto.

    Achmad Jufrianto sebagai alternative kedua dan harus duduk dibangku cadangan terlebih dahulu. Meskipun pada dua laga sebelumnya Jupe (sapaan akrab Achmad Jufrianto) selalu jadi pilihan utama pelatih semasa jadi pemain dijuluki Si Kijang dari Solo Jateng ini.

    “Lawan PSPS Pekanbaru (11/12) lalu Nova Arianto absen karena akumulasi kartu kuning lalu saya turunkan Jupe. Kemudian laga selanjutnya menghadapi Persija kami kembali pilih Jupe dengan alasan tidak etis juka kembali turunkan Nova. Seolah-olah Jupe jadi cadangan Nova. Kalau begini para pemain akan bersaing untuk menampilkan kemampuan terbaiknya. Tapi menghadapi Persela kemungkinan Nova kembali kami turunkan dari menit pertama,” pungkas dia.

    Nova sendiri mengaku siap dan janji tampil maksimal bila dipercaya sang arsitek untuk main lebih awal. “Saya siap. Kondisi fisik saya tidak ada masalah. Saya ingin berikan hasil terbaik dan lebih memperkokoh pertahanan dan meraih poin atas Persela,” timpal dia.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com