• Wow, Sriwijaya FC Ikut IPL dan ISL

    Kejutan! Presiden Sriwijaya FC Dodi Reza Alex memutuskan, klub sepak bola kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan itu dipastikan akan mengikuti kedua liga yang ada di Indonesia yaitu Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Primer League (IPL).

    Demikian penegasan Dodi pada saat konfrensi pers di Hotel Swarna Dwipa, Sabtu (2/12) malam. Dodi didampingi Direktur Keuangan Augie Bunyamin, Direktur Teknik dan SDM, Hendri Zainuddin, dan Direktur Promosi dan Marketing, Bhakti Setiawan.

    Menurut Dodi, meski SFC akan berlaga di dua liga, manajemen memastikan bahwa para klub di liga IPL merupakan para pemain-pemain potensial yang ada di Sumatera Selatan.

    “Sementara untuk ISL, kita tetap akan mengikutsertakan SFC yang dihuni pemain-pemain senior. Hal ini dipilih mengingat klub-klub yang tergabung dalam liga ini klub yang sudah berpengalaman dan bermutu. Kita tidak menginginkan SFC terasah di klub-klub besar, bukan klub sempalan, klub baru ataupun yang sudah terdegraditasi,” ucapnya.

    Selain alasan tersebut, Dodi juga mengungkapkan, kedua liga ini sama-sama telah diakui oleh BOPI (Badan Olaraga Profesional Indonesia). Lagipula kini format dari ISL maupun IPL kini dapat dikatakan sama.

    “Keadaannya sekarang kedua liga sudah menganut format yang sama, yaitu sama-sama terlepas dari APBD (Dulu ISL Tergantung APBD, Red). Klub-klub bisa hidup tanpa pemerintah dan pembinaan usia muda tetap dijalankan,” ucap pria berkaca mata ini.

    Melanjutkan ke permasalahan IPL, Dodi berujar secara manajemen, pemain dan pelatih dipastikan akan berbeda dari klub yang berlaga di ISL. Untuk itu ia dan manajemen PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM) akan segera secepatnya membentuk manajemennya, bisa berupa anak perusahaan dari PT SOM. Meskipun kabarnya IPL ini akan disubsidi oleh PSSI, manajemen tetap akan mencarikan sponsor-sponsor baru untuk liga IPL ini.

    “Permasalahan teknis seperti stadion yang akan dipakai, itu saya rasa tidak terlalu menjadi persoalan. Tinggal bagaimana kita menyakinkan PSSI untuk dapat memberikan tenggang waktu, persoalan jadwal kompetisi SFC di IPL kita minta diundur. Lagipula Palembang baru saja selesai menyelenggarakan SEA Games sehingga stadion utama tidak bisa dipakai.” katanya.

    Namun, terlepas dari itu semua Dodi sebenarnya menginginkan kedua liga ini ada pemersatunya, jangan berpolemik terus menerus sehingga merusak perkembangan sepak bola di Indonesia.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com