• Antisipasi Jadwal Padat, SFC Maksimalkan Recovery

    Menghadapi padatnya jadwal kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini, maka tidak ada cara lain bagi skuad Sriwijaya FC selain memaksimalkan waktu recovery bagi para pemain agar tim tetap dapat meraih hasil yang maksimal di setiap pertandingan.

    Maklum saja,pada bulan Januari ini tim berjuluk Laskar Wong Kitoitu bakal di hadapkan dengan enam pertandingan penting melawan sejumlah tim-tim besar. Setelah menghadapi Persela Lamongan kemarin,Ponaryo Astaman dkk di tuntut langsung fokus untuk mempersiapkan diri menghadapi laga tandang berikutnya melawan Arema Malang (8/1) nanti. Dengan jeda waktu tiga hari yang di miliki,Pelatih SFC Kas Hartadi harus kembali mempersiapkan tim terbaiknya.

    Karena setelah itu, empat hari kemudian tim tangguh Gresik United dan Persiba Balikpapan sudah menanti di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring untuk menggelar laga kandang pada (12/1) dan (15/1). Setelah itu, SFC pun harus menjalani tur maut menuju Papua untuk menghadapi Persiwa Wamena ((24/1) dan juara ISL musim lalu Persipura Jayapura (28/1).

    Dengan sederet jadwal panjang dan melelahkan ini,maka para pemain inti maupun pelapis harus mampu terus mempertahankan kondisi fisik dan stamina mereka agar tetap mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. “Memang jadwal kita di bulan Januari ini sangat padat,karena itu kami butuh energi extrauntuk mengadapi dan menjalaninya. Karena walaupun jadwal ketat,saya dan seluruh pemain tetap berharap dapat mendapatkan hasil yang terbaik di setiap pertandingan yang di hadapi,”harapnya.

    Untungnya,Kas Hartadi memiliki seorang asisten pelatih yang khusus mengurusi masalah fisik pemain yakni Keith Jerome ‘Kayamba’ Gumbs.Pemain gaek ini memang telah terbukti memiliki kualitas fisik dan stamina terbaik di antara rekan-rekan satu timnya meskipun usianya sudah tidak muda lagi.

    Seperti musim lalu,Kayamba nyaris tidak pernah absen dalam setiap pertandingan SFC baik itu di kancah kompetisi domestik maupun Piala AFC lantaran dirinya tidak pernah sekalipun mengalami cidera.Dia hanya absen ketika dirinya mendapatkan akumulasi kartu. Untuk itulah,kiat-kiat mempertahankan kebugaran dari pria berpaspor ST Kitt N Nevis diakui oleh Kas Hartadi sangat membantu dirinya dalam tugasnya mempersiapkan siapa saja pemain yang siapa atau tidak untuk di turunkan di setiap pertandingan.

    Kondisi yang sama pernah dirasakannya saat menjadi Asisten Pelatih Ivan Venkov Kolev. Karena bagi dirinya,walaupun saat ini di dalam tim bertengger sederet nama pemain hebat dan langganan Timnas Indonesia seperti Firman Utima,M Ridwan,Mahyadi Panggabean,Supardi dan Ferry Rotinsulu serta pemain yang memiliki skill di atas ratarata layaknya Ponaryo Astaman,Siswanto dan Lim Joon Sik.

    Tidak menjadi jaminan pemain itu bakal terus bermain di setiap pertandingan. Oleh karena itu,selain para pemain inti tersebut Kas juga membawa serta para pelapis utamanya dalam rombongan tim seperti Rizky Mokodompit,Ahmad Juprianto,M Markus Bahtiar,Rendi Siregar, Samsul Charuddin,Septia Hadi,Rahmat ‘Poci’ Rivai dan Siswanto.Para pemain ini diharapkan dapat stand by dan siap di turunkan kapanpun sesuai kebutuhan.

    “Meskipun kita banyak memiliki pemain yang bagus dan hebat,tetapi tetap saja saya tidak akan terus memaksakan mereka untuk bertanding jika kondisi fisik dan stamina mereka sedang menurun.Karena itu malah justru akan membuat kondisi mereka semakin menurun.Jadi selain melakukan rotasi pemain,memaksimalkan waktu recovery juga sangat penting,” tukasnya.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com