Disiplin, Kunci Kemenangan Sriwijaya FC

Duel Sriwijaya Football Club (SFC) versus Persiba Balikpapan pada lanjutan Indonesia Super League (ISL), di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (15/1), dipastikan berlangsung seru. Kedua tim bakal terlibat perang lini tengah untuk memenangkan pertandingan.

Skuad Laskar Wong Kito harus mampu menguasai lini tengah sehingga dapat meredam serangan balik Persiba, yang terbukti sangat ampuh.

Pasukan Beruang Madu memang dikenal memiliki beberapa pemain tengah berkualitas, seperti Asri Akbar, Ahmad Sembiring, dan Richard Caceres. Sementara lini sayap
juga tajam karena memiliki Sohei Matsunaga dan Kenji Adachihara, serta Aldo Barreto yang berperan sebagai target man.

Kombinasi ini jelas bisa mengancam lini tengah Sriwijaya. Untuk meredamnya sektor tengah harus dikuasai Sriwijaya sehingga barisan penyerang Persiba tidak mendapatkan suplai bola maksimal.

"Persiba memiliki pemain berkualitas dan solid, mereka sangat disiplin. Maka lini tengah harus dikuasai dan dimenangkan, itulah kunci permainan. Meski tidak mudah karena Persiba memiliki pemain tengah berkualitas. Namun saya yakin dengan semangat dan motivasi tinggi pemain bisa melakukannya," kata pelatih SFC Kas Hartadi, Sabtu (14/1).

Diyakini berbekal formasi 4-2-3-1 plus bumbu agresitivas tim yang lebih baik bisa membuat Keith Kayamba Gumbs dan kawan-kawan digdaya dalam permainan musim ini.

Apalagi, Sriwijaya juga mencatat rekor 100 persen kemenangan saat bermain di hadapan publiknya sendiri. Dimulai dengan menekuk PSPS Pekanbaru dan Persija Jakarta 2-1, dan terakhir mengalahkan Gresik United 3-0.

Thierry Gathuessi akan ditugaskan mematikan pergerakan Aldo Barreto. Sementara Kenji dan Matsunaga yang memiliki pergerakan bagus akan mendapat kawalan khusus dari Supardi Nasir dan Mahyadi Panggabean.

“Kenji ini kadang di sayap kanan dan kadang kiri begitu juga Matsunaga. Karena itu, pemain sayap harus bisa memberikan tekanan secara ketat,” tegas pelatih asal Solo itu.

Guna menghindari kebobolan karena pergerakan Trio Persiba, Kenji, Aldo, dan Sohei Matsunaga, Kas akan menerapkan permainan yang ngotot dan merebut bola di lapangan tengah. Dengan mengandalkan dua gelandang jangkar Ponaryo Astaman dan Lim Joon Sik. Sementara Firman Utina akan menjadi pengatur serangan.

Namun, untuk mampu menguasai lini tengah ini Sriwijaya harus berkerja ekstra keras mengalahkan pemain tengah Persiba yang juga memiliki kualitas yang baik. Apalagi, tim tamu akan bermain dengan kekuatan penuh.

”Kuncinya main disiplin dan mampu jaga konsistensi. Jika itu mampu diterapkan saya yakin bisa mengamankan tiga poin. Soal formasi tidak banyak berubah dan tetap mengusung pola 4-2-3-1, dimana Kayamba akan bermain sebagai striker tunggal,”
tandas Kas.

Sementara center bek Sriwijaya, Thierry Gathuessi mengaku sangat siap mengawal Aldo Baretto yang biasanya menjadi target man dari kedua rekannya Kenji dan Matsunaga.

“Baik itu Aldo dan Kenji tipe pemain yang cepat dan memiliki naluri menyerang yang tinggi. Untuk itu, diperlukan konsentrasi yang tinggi untuk benar-benar mengawal kedua pemain ini serta mematikan pergerakannya,” ujar Thierry.

"Kenji dan Aldo pemain cerdas, Kenji pemain tipikal penyerang yang ngotot dan cepat. Sangat sulit menjaga
pemain seperti itu. Tugas saya, bila Kenji atau pemain Persiba lainnya memasuki daerah saya, maka akan kami jegal," cetus bek asal Prancis itu.
Menyerang

Sementara itu, Persiba Balikpapan pantang bermain defensif saat dijamu Sriwijaya FC. Skuad Beruang
Madu sesumbar bakal spartan menggempur lini pertahanan Sriwijaya. Alasannya, menyerang adalah pertahanan terbaik.

Pelatih Persiba Haryadi sudah menggeber anak-anak asuhnya dengan latihan penyelesaian peluang gol dan taktik menguasai bola sejak di lapangan, serta koordinasi pertahanan.

"Tanpa melupakan pertahanan, saya instruksikan anak-anak untuk bermain menyerang sejak menit pertama," tegas Haryadi.

Soal formasi kemungkinan besar Persiba akan menerapkan pola attacking football 4-4-2 atau 4-3-3. Dengan formasi komplit, bebas cedera dan akumulasi kartu kuning, Persiba sepertinya akan menurunkan formasi The Winning Team.

”Kami membawa 20 pemain ke Palembang, bisa dikatakan kami akan tampil dengan kekuatan penuh. Bermain bertahan lawan Sriwijaya bukan solusi yang baik karena dengan begitu kami akan sering tertekan. Kami akan bermain normal dan memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk cetak gol,” pungkasnya.

PrakiraanFormasi (Grafis)

Sriwijaya FC (4-2-3-1)
Ferry Rotinsulu (K), Supardi Nasir, Nova Arianto,
Thierry Gathuessi, Mahyadi Panggabean (B), Ponaryo Astaman, Lim Joon Sik, M Ridwan, Firman Utina, Hilton Moreira (T), Keith Kayamba Gumbs (D).
Pelatih : Kas Hartadi

Persiba Balikpapan (4-4-2)
I Made Wirawan (K), Supriyadi, Tomislav Labudovic, Samad, Rahmat Latif, Iqbal Samad (B), Ahmad Sembiring, Caceres, Asri Akbar, Sohei Matsunaga (T), Aldo Barreto, Kenji Adachihara (D).
Pelatih : Haryadi

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments