• Duel Raja Heading

    Sriwijaya FC akan bekerja keras meladeni tantangan pendatang baru Gresik United pada Indonesian Super League (ISL) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Kamis (12/1).
    Maklum, tim berjuluk Joko Samudro itu, diperkuat pemain berkualitas seperti James Koko Lomell.

    Pemain asal Liberia yang dikenal memiliki kemampuan komplet ini, akan bertarung dan beradu tajam secara head to head dengan pemain berpengalaman Hilton Moreira, yang kini menjadi penyerang andalan Laskar Wong Kito.

    Pergerakan kedua pemain berbeda karakter namun sama-sama dikenal jago heading (mencetak gol dari sundulan) itu akan menjadi sajian dari pertarungan kedua tim.

    Faktor Predi Muli yang mantan pemain PSMS Medan,sangat berpengalaman dan tahu karakter SFC itu, juga patut menjadi perhatian pelatih Kas Hartadi. Maklum, rata-rata pemain Gresik United adalah gerbong pemain PSMS Medan yang musim 2007/2008 lalu, pernah bertarung melawan SFC yang kemudian meraih Liga Indonesia. Skuad yang sama dibawa Predi melawan SFC Kamis besok.

    “Saya hanya meminta pemain percaya diri dan penuh spirit. Di sana ada James Koko Lomell, Gaston dan 2 pemain asing lagi yang akan diturunkan, dipadu dengan pemain lokal muda dan didukung pemain senior seperti Anang Makruf,” ungkap Predi yang tidak pernah memuji secara khusus anak asuhnya.

    Kembali ke soal pertarungan Hilton versus Lomell. Hilton yang dikenal dengan aksi provokasinya yang kontroversial itu, sebenarnya pemain dengan kemampuan komplet. Dia bisa menjadi gelandang sekaligus sebagai striker. Memiliki tendangan bebas mematikan, kakinya sangat tajam, tetapi kepalanya juga rajin mencetak gol.

    Bisa dikatakan Hilton salah satu pemain yang memiliki heading berkualitas di Indonesia, meski posturnya yang hanya 179 cm, sebab sebagian dari 56 gol yang dicetaknya berasal dari tandukan kepalanya.

    Musim ini, dia sudah mencetak dua gol dari tandukannya, kemudian dua gol dari tendangan bebas dan dua gol dari hasil kreasi pergerakan di kotak penalti lawan.

    Jika Hilton pandai memaksimalkan ketajaman kepalanya, Gresik United juga memiliki amunisi andalan James Koko Lomell. Striker kelahiran Liberia ini, juga dikenal jago heading (sundulan). Bahkan dia selalu mencetak gol ke gawang SFC. Ketika membela PSMS Medan musim 2007/2008, dua sundulannya mampu membobol gawang Ferry Rotinsulu.

    Soal kemampuan heading-nya, selama berkarir di Indonesia, Lomell mencetak lebih dari 30 gol, yang separuh lebih gol itu berasal dari tandukan. Wajar saja, dengan postur tubuhnya yang menjulang 187 cm itu, memungkinnya merebut bola-bola udara.

    Pelatih Kas Hartadi menilai, Gresik memang pendatang baru di Liga Indonesia, namun memiliki pemain-pemain berkualitas dan rata-rata berpengalaman di Liga Indonesia, sebut saja James Koko Lomell, Gustavo Chena, Gaston Castano, dan Marwan Sayadeh.

    Namun James Kolo Lomell patut diwaspadai, 4 gol yang dilesakkannya di musim ini menjadi bukti bahwa dia menjadi mesin gol Gresik. Kekuatan fisik dan kecepatannya patut diwaspadai Nova Arianto dkk.

    “Dia pemain berpengalaman dan patut diwaspadai, saya meminta pemain lebih disiplin dan bertanggung jawab menjaga areal pertahanan,” jelas Kas.

    Semoga Cetak Gol
    Tidak ada yang berubah dari Hilton Moreira usai membuat hatrik ke gawang Arema. Sikapnya tetap ramah dan menegur siapa pun yang dikenalnya. Sembari duduk di lobi hotel Swarna Dwipa, Selasa (10/1) dia mengobrol dengan santai dengan petugas hotel dan menikmati makan siang.

    Disinggung mengenai namanya yang kini masuk dalam jajaran top skorer, Hilton tidak terlalu bangga, karena baru awal musim. Masih banyak pertandingan lain dan masih banyak pula penyerang tim lain yang bisa melampauinya.”Saya hanya berharap semoga selalu cetak gol dalam setiap pertandingan dan kami meraih kemenangan,” jelas striker asal Brazil yang sudah lancar berbahasa Indonesia ini.

    Menurut Hilton, laga lawan Gresik merupakan pertandingan kandang, dia memiliki motivasi tinggi untuk membuat senang suporter dan fans SFC yang selalu memberikan dukungan.
    “Selalu istimewa, apalagi dalam setiap laga stadion selalu dipadati penonton itu sangat membangkitkan semangat kami,” jelas Hilton
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com