• JAGA KONDISI FISIK

    Seusai melibas Gresik United (GU) 3-0, kemarin, Sriwijaya FC (SFC) akan menjamu Persiba Balikpapan, Minggu (15/1). Jika tidak ingin tergelincir, Laskar Wong Kito harus memaksimalkan recovery.

    Ya,Laskar Wong Kitohanya memiliki waktu dua hari untuk istirahat dan mengembalikan kembali kondisi stamina para pemain bila ingin mendapatkan hasil maksimal saat menjamu tim berjuluk Beruang Madu itu. Apalagi,dengan materi pemain yang lebih mentereng dibandingkan GU,sudah sepantasnya Pelatih SFC Kas Hartadi lebih mewaspadai kekuatan Persiba.Berkaca pada pertemuan terakhir musim lalu,Aldo Baretto dkk cukup menyulitkan pertahanan SFC yang digalang Thierry Gathuessi,meskipun di akhir laga SFC berhasil menang 2-1.

    Di kandang tim kuat seperti Persipura saja Persiba mampu membawa pulang satu poin setelah pertandingan berakhir imbang 3-3.Ini memperlihatkan mental bertanding yang dimiliki para pemain tim Beruang Madu sangat baik dan tidak gentar walau mendapatkan tekanan dari para suporter tuan rumah. Namun,SFC akan sedikit diuntungkan karena Persiba juga baru saja melakoni pertandingan menghadapi Persiram,kemarin. Faktor kelelahan pasti menghantui fisik para pemain mereka.

    Apalagi,tim yang kini dihuni dua pemain asing Asia yang memiliki skill di atas rata-rata seperti Kenji Adachihara dan Shohei Matsunaga itu harus melakukan perjalanan udara yang melelahkan dari Raja Ampat,Papua,menuju Palembang. Meski begitu,bukan berarti Persiba bisa dianggap enteng.Karena,seperti halnya SFC,mereka juga memiliki para pemain pelapis yang tidak kalah hebat.Sebut saja Eki Nurhalim yang merupakan mantan punggawa SFC.

    Ada juga Sultan Samma, Sutikno,Handi Hamzah,Stevanus Bungaran,Richard Ceceres, dan lainnya yang siap untuk menjadi pilihan utama mengisi starting line-up. “Pendeknya waktu istirahat yang kami miliki memang akan sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan stamina pemain. Tapi,kami sudah biasa menghadapi situasi seperti ini.Untuk itu sehari seusai bertanding dengan Gresik United,kami hanya akan melakukan latihan pada sore hari untuk mengembalikan kebugaran pemain,”ungkap Kas.

    Selain memaksimalkan recoveryfisik pemain yang diturunkan melawan GU, arsitek asal Solo ini juga akan mempersiapkan para pemain pelapis agar berada pada kondisi puncaknya.Alhasil,apabila ada pemain inti yang tidak bisa diturunkan, mereka sudah dalam kondisi siap tempur. Apalagi,dari segi kualitas,pemain pelapis yang dimiliki SFC juga tidak jauh berbeda dengan para pemain inti.

    Pemain cadangan seperti Riski Novriansyah, Siswanto,Rahmat ‘Poci’ Rivai,Syamsul Chaeruddin,Rendi Siregar,M Markus Bahtiar,M Sobran,Septia Hadi,Ilham Jaya Kesuma,Rifki Mokodompit,dan Andi Irawan menunggu kesempatan tampil. Tinggal lagi bagaimana cara sang pelatih meracik komposisi pemain menjadi sebaik mungkin.Kas harus jeli menempatkan pemain mana yang harus dipasang agar kekuatan tim tidak berkurang.Karena hal yang sama pasti akan dilakukan Pelatih Persiba Junaedi.

    “Kita lihat saja nanti.Jika ada pemain yang cedera ataupun kelelahan,saya akan melakukan rotasi.Apalagi,kami masih memiliki banyak pemain yang bisa diturunkan dan kualitasnya tidak kalah baik dengan pemain inti,”pungkas mantan pemain era Galatama ini.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com