• Menunggu Aksi Gumbs Permalukan Arema

    Striker gaek Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs dipastikan sudah bisa tampil saat menghadapi Arema Indonesia di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (8/1).

    Sebelumnya, Gumbs harus absen lawan Persela Lamongan, menyusul kartu merah yang didapatnya saat menekuk Persija Jakarta, Minggu lalu (18/12).

    ''Sesuai aturan ISL, kalau ada pemain yang mendapatkan kartu merah baik langsung maupun akumulasi kartu kuning hanya dilarang bermain satu kali pertandingan. Artinya, Kayamba sudah bisa tampil lawan Arema,” terang pelatih SFC Kas Hartadi, Rabu (4/1).

    Kehadiran Kayamba jelas keuntungan besar bagi skuad Laskar Wong Kito. Tanpa mengkesampingkan penyerang lain, lini depan Sriwijaya akan semakin garang jira pemain kelahiran Stt Kitts & Nevis, 11 September 1972 itu, Turn ke lapangan hijau.

    Alasannya, Kayamba termasuk penyerang yang mampu menjadi goal gatter, membangun serangan dan merusak konsentrasi lawan. Musim ini dia menjadi sukses melesatkan tiga gol ke jala lawan. Total, sudah 81 gol dipersembahkannya selama memuela Sriwijaya Sejas tahun 2007 silam.

    Tanpa pemain yang pernah merumput bersama klub Inggris Hull City itu, lini depan Sriwijaya terlihat kurang ganas. Tengok saja saat Sriwijaya hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Persela Lamongan.

    Riski Novriansyah yang dibiarkan sendirian di lini depan sangat kesulitan menembus pertahanan lawan. Beruntung, umpan tarik Riski di sisi kanan pertahanan justru membentur kaki Suroso dan masuk ke gawang Persela.

    “Kehadiran Kayamba sangat penting bagi tim. Selain memiliki kualitas mumpuni dia juga bisa menjadi motivator pemain di lapangan. Soal kartu merah lawan Persija, itu hanya soal emosi yang tidak terkontrol,” jelas Kas.

    Musim ini, Kayamba menjalani peran ganda di Sriwijaya. Meski tugas utamanya sebagai pemain, namun Kayamba mengemban tugas menjadi asisten pelatih SFC.

    Jabatan tersebut diberikan manajemen karena usia Kayamba sudah berkepala empat. Terlebih, Kayamba juga mengantongi lisensi pelatih fisik.

    Selain itu, Kayamba juga masih aktif bermain untuk Timnas ST.Kitt s& Nevis. Total bermain Kayamba untuk Timnas, menyentuh angka 131 dengan torehan gol sebanyak 47.

    “Lawan Arema Kayamba adalah prioritas utama di lini depan, namun semua bisa berubah tergantung kondisi karena pertandingan masih cukup lama. Dengan kehadiran Kayamba saya optimis bisa mencuri poin di Malang,” tandas pria asal Solo itu.

    Sementara Kayamba mengaku, siap diturunkan lawan Arema terlebih lagi kondisi fisiknya sangat prima. Fokusnya saat ini adalah menjaga kebersamaan antar pemain plus membenahi organisasi permainan.

    “Permainan sudah mulai kompak dan pemain sangat enjoy di lapangan. Tinggal penguatan fisik agar bisa tampil prima selama 90 menit,” pungkas Gumbs.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com