• Penentuan Gelar Paruh Musim

    Persipura Jayapura tak mau jemawa meski sukses amankan laga kandang Indonesia Super League (ISL) 2011/2012. Terakhir tim berjuluk Mutiara Hitam itu sukses benamkan Persiram Raja Ampat dalam partai dery Papua (25/1). Sebab, lawan tangguh sudah menanti di Stadion Mandala, Jayapura, yakni Sriwijaya FC.

    Pelatih Persipura Jacksen F Tiago mengatakan, partai lawan Sriwijaya FC sangat krusial. Bisa dikatakan, ini adalah laga final untuk menentukan juara putaran pertama ISL 2011/2012. Sebab, hanya Sriwijaya FC lah pesaing utama Boaz Solossa dkk dalam menguasai klasemen paruh musim ini.

    "Pertandingan lawan Sriwijaya FC sangat penting. Bagi kami, ini partai final untuk menentukan juara paruh musim. Karena Sriwijaya FC sudah melawan tim papan atas lainnya termasuk Persija Jakarta," ungkap Jacko, sapaan Jacksen F. Tiago kemarin (26/1).

    Persipura dan Sriwijaya memang sedang kejar-kejaran menguasai takhta ISL paruh musim. Saat ini, Persipura sebagai penguasa dengan modal 20 poin setelah enam kali menang, dua kali imbang, dan sekali tumbang. Sedangkan Sriwijaya FC menguntit di bawahnya dengan koleksi satu poin lebih sedikit dari enam kali menang, sekali imbang, dan dua kali kalah.

    Jika Persipura sukses menangkan partai ini, potensi memimpin klasemen hingga paruh musim terbuka lebar. Jika sebaliknya, maka tim berjuluk Laskar Wong Kito yang akan kuasai. Biasanya, tim penguasa klasemen paruh musim besar kemungkinan juarai kompetisi di akhir musim.

    "Kami harus menangkan partai ini karena di putaran II pesaingnya ke puncak klasemen bisa beda lagi. Bisa Persija, Persib, atau lainnya. Tapi, saya sadar tak gampang menangkan pertandingan lawan Sriwijaya FC. Kami butuh mukjizat meski main di kandang," ungkap arsitek asal Brazil ini.

    Kenapa? Menurut Jacko, Sriwijaya FC merupakan tim komplet. Bahkan bisa dikatakan tim paling sempurna di Indonesia. Sebab, semua pemain berkualitas mantan Timnas Indonesia mengisi semua lini tim asal Kota Mpek-Mpek tersebut. Pengalaman mereka membuat Sriwijaya FC semakin kokoh dan kuat dari musim lalu.

    Misalkan, di belakang ada Thierry Gathuessy. Jika dia absen, masih ada Ahmad Jufriyanto, Nova Arianto, dan Ahmad Bahtiar. Jika Mahyadi Pangabean absen, masih ada Supardi dan Mohammad Ridwan. Sedangkan di tengah mereka punya gelandang andal seperti Ponaryo Astaman, Lim Joonsik, Firman Utina, dan Syamsul Chaeruddin. Sementara di depan ada Hilton Moreira, Kayamba Gumbs, dan Rizki Novriansyah.

    "Ibaratnya, di Sriwijaya FC itu jika satu pemain hilang, tumbuh seribu. Sedangkan kami, gak main satu pemain saja bisa pincang," ujar eks arsitek Persita Tangerang ini.

    Bukti kedahsyatan permain Sriwijaya FC adalah saat meremukkan Arema Indonesia 5-1 di Stadion Kanjuruhan Malang. Hasil itu membuktikan bahwa Kayamba Gumbs dkk tidak terpengaruh main di kantang atau tandang. Kehebatan Sriwijaya FC musim ini tek bisa dilepaskan dari kepintaran Ponaryo Astaman, Firman Utina, dan Lim Joonsik yang sukses jaga keseimbangan permainan tim.

    Mereka sama hebatnya dalam membantu penyerangan atau bertahan. "Di situlah kekuatan Sriwijaya FC selain pemain sayapnya juga gak bisa dipandang sebelah mata. Itu belum kehebatan dalam eksekusi bola mati. Keseimbangan yang luar biasa itu membuat kami butuh mukjizat untuk memenangkan pertandingan meski berstatus tuan rumah," tandasnya.

    Dikatakan Jacko, untuk hadapi Sriwijaya FC butuh persiapan berbeda. Namun, Jacko ogah buka-bukaan terkait apa saja yang perlu diasah untuk hadapi tim double winners tersebut. "Yang pasti banyak evaluasi dan saya tidak mau berbagi karena itu bagian dari strategi," tegasnya.

    Sementara itu, gagal memetik poin dikandang Persiwa, membuat Sriwijaya FC bakal tampil mati-matian saat melawat ke Persipura Jaya Pura. Skuadra Kas Hartadi berambisi untuk membawa pulang poin demi oleh-oleh untuk masyarakat Sumsel.

    “Kami tak boleh kalah lagi. Meski Persipura tim kuat dan sulit dikalahkan, kami yakin mampu mencuri poin di kandangnya,” kata pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi, kemarin.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com