• Spirit Tinggi Spider Kayamba

    Sriwijaya FC berada di puncak klasemen sementara Indonesian Super League (ISL). Keith Kayamba Gumbs dkk mengantongi 15 poin dan unggul selisih gol dari Persipura Jayapura yang berada di peringkat kedua. Ketatnya persaingan membuat pelatih Kas Hartadi ekstra hati-hati dalam setiap laga.

    Tergelincir sedikit saja, maka Persipura ataupun tim dibawahnya seperti PSPS dan Persib Bandung siap menyalib. Makanya, dengan mengusung semangat pantang menyerang seperti laga sebelumnya, Kas meminta Keith Kayamba Gumbs tampil agresif saat menjamu tim tamu Gresik United, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Kamis (12/1).

    Striker senior SFC, Keith Jerome “Kayamba” Gumbs kembali menjadi andalan. Ia menjadi motor serangan dan inspirasi permainan tim. Bahkan selebrasi ala spider man-nya menjadi topik pembahasan media nasional. Tidak hanya aksi itu terbilang unik dan wujud kasih saya Kayamba kepada putra semata wayangnya Nayaka, namun juga sebagai wujud dari sebuah spirit tinggi yang menginspirasi semua pemain SFC tanpa terkecuali.

    Spider Kayamba demikian julukan Gumbs, diharapkan terus membuat selebrasi serupa usai mencetak gol. Fans dan pendukung pun berharap, pria asal St Kitts-Nevis itu, kembali mencetak gol dan melakukan selebrasi unik yang membuatnya kini dipanggil Spider Man.

    Jika Kayamba menjadi andalan Sriwijaya FC bersama Hilton dan para penyerang lainnya, maka tim tamu Gresik juga memiliki senjata andalan Gaston Castano. Striker yang juga berpengalaman dan memiliki keberutungan ketika melawat ke kandang Laskar Wong Kito. Kekasih Julia Perez itu, mampu menjebol gawang Ferry dan membawa Persiba Balikpapan, tim yang dia bela ketika itu menahan SFC dengan skor 1-1 musim 2008/2009.

    Kini, Gaston sudah mencetak dua gol dan dipastikan menjadi amunisi andalan untuk menjebol tembok pertahanan SFC yang dikawal Nova Arianto dkk.

    Kayamba sendiri mengaku tidak begitu paham dengan kekuatan SFC. Bahkan dia tidak terlalu memperdulikan siapa lawan yang akan dihadapinya nanti. “Saya tidak begitu tahu dengan Gresik United, siapa saja pemainnya saya pun tidak tahu,” jelas Gumbs.

    Baginya yang paling penting bagaimana fokus bermain untuk menang. ”Lagi pula saat ini SFC dihuni oleh pemain-pemain hebat seperti Hilton di sektor penyerang dan Thierry di sektor pertahanan,” urai Gumbs.

    Sedangkan pelatih Gersik United Fredy Muli mengatakan, SFC tim yang tangguh dan pasti bermain agresif sebagai tuan rumah. Namun, sebagai tim tamu, Gresik justru tidak akan bertahan dan membiarkan tuan rumah leluasa menyerang.

    “Saya minta pemain lebih percaya diri dan mampu membalas setiap serangan yang dilancarkan tuan rumah,” jelas Fredy.

    Jangan Lengah
    Sementara pelatih Kas Hartadi mengatakan, menghadapi Gresik Sriwijaya FC meminta anak asuhnya untuk lebih berkonsentrasi. Untuk meredam lini depan tim tamu yang diperkuat Gaston, Warwan dan James Koko Lomel, Kas tetap menurunkan quartet andalannya Mahayadi Panggabean, Supardi, Nova Arianto dan Thierry Gathuessi yang tampil konsisten dalam setiap laga.

    Keempatnya diharapkan fokus dan menjaga koordinasi dengan tiga gelandang andalan Lim Joon Sik, sang kapten Ponarto Astaman dan Firman Utina. Karena kita bermain agresif, maka semua lini harus berkonsentrasi ketika kami kehilangan bola dan kemudian menguasai bola.

    “Fokus dan konsetrasi, jika lengah maka akan dimanfaatkan pemain lawan. Satu hal yang selalu saya tekankan, ketika sudah unggul SFC tidak boleh lengah dan jangan kehilangan konsentrasi,” jelas Kas.

    Dia pun menjelaskan untuk lini depan masih mengandalkan trio penyerang Kayamba, Hilton dan M Ridwan. Ketiganya diharapkan mampu merancang serangan juga melakukan serangan balik secara cepat. Selain ketiga menyerang ini, SFC juga memiliki pemain-pemain muda yang antri minta diturunkan dalam setiap laga, sebut saja Risky Novrianyah.

    Banyak alternatif yang sepadan dengan pemain utama membuatnya lebih mudah dalam merancang setiap stretegi dan taktik tergadap tim.

    “Untuk itu melawan Gresik kita akan bermain offensif dan agresif serta te-tap konsentrasi menjaga areal masing-masing. Intinya siapun pemain yang memasuki areal setengah lapangan harus diganggu,” urai Kas.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com