• Sriwijaya FC Siap Rebut Posisi Puncak

    Skuad Laskar Wong Kito berpeluang merebut posisi puncak jika mampu meraup poin absolut.

    Sriwijaya kini bercokol di peringkat tiga klasemen dengan poin sembilan, hasil tiga kemenangan atas Pelita Jaya 3-1 (3/12), menang 2-1 atas PSPS Pekanbaru (11/12), dan unggul 2-1 dari Persija Jakarta (18/12) lalu. Sriwijaya baru menelan satu kekalahan 0-1 dari Persib Bandung (7/12).

    Jika mampu mendulang tiga poin, Laskar Sriwijaya akan naik dua strip ke posisi puncak klasemen menggeser PSPS Pekanbaru dan Persisam Samarinda, yang berada di posisi teratas dengan sembilan poin dengan keunggulan produktivitas gol.

    ”Target kita menang sekaligus merebut posisi puncak klasemen. Kita juga bertekad mengakhiri rekor tidak pernah menang di kandang Persela. Jika menang, manajemen sudah menyiapkan bonus sebesar Rp100 juta,” ujar Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Hendri Zainuddin, Selasa (3/1).

    Melawan Persela, pola baku 4-2-3-1 tetap akan diterapkan Sriwijaya. Dengan pola ini Sriwijaya akan mengandalkan serangan counter attack dengan memasang Riski Novriansyah sebagai penyerang tunggal.

    Sementara posisi puncak akan tetap dipercayakan pada kuartet Thierry Gathuessi, Nova Arianto, Mahyadi Panggabean, dan Supardi Nasir.

    ”Permasalahan ada di sektor pemain sayap karena kami punya beberapa alternatif seperti M Ridwan, Siswanto dan Hilton Moreira. Saya akan berdiskusi dengan Kayamba untuk menentukan siapa yang akan tampil sebagai starter. Sementara Riski akan dipasang sebagai penyerang tunggal,” timpal pelatih SFC Kas Hartadi.

    Selain persoalan teknik dan kualitas, Kas meminta anak asuhnya tidak terpancing emosi. Pasalnya, dalam beberapa laga terakhir, SFC bermain dengan emosional tinggi. Seperti, kartu merah yang didapat Nova Arianto dan striker Keith Kayamba Gumbs.

    "Emosi tidak akan menyelesaikan masalah dan justru menambah masalah serta merusak permainan tim. Dalam tiga laga terakhir pemain terpancing emosi dan provokasi lawan. Makanya dalam laga kali ini saya meminta dan mengingatkan mereka agar tidak emosi. Karena emosi akan mengacaukan permainan dan saya meminta mereka enjoy dan menikmati permainan," jelas Kas.

    “Soal pemain, SFC harus mematikan Gustavo karena dia kunci permainan Persela. Lim Joon Sik dan Ponaryo Astaman sudah saya perintahkan untuk mematikan pergerakan Gustavo,” pungkasnya.

    Perkuat Pertahanan\

    Sementara skuad Persela akan fokus ke lini pertahanan saat menjamu Sriwijaya. Hal itu harus dilakukan karena Sriwijaya memiliki gelandang dan barisan striker yang piawai mencetak gol.

    “Pola tetap 4-4-2, di mana Roman Galian, Suroso, Taufik, dan Fakturahman akan bahu membahu menggalang pertahanan. Sayap mereka bermain solid dan disiplinsepanjang pertandingan,” kata Pelatih Persela, Miroslav Janu.

    Kekhawatiran Janu, sepertinya sangat beralasan. Masalahnya, dengan sektor belakang yang disiplin, pastinya akan memudahkan empat pemain tengahnya yang digalang Gustavo Lopez, mampu berperan maksimal. Termasuk, dalam menyuplai bola ke dua striker Mario Alejandro Costas dan Rudi Widodo, yang akan dimainkan secara bersamaan.

    “Gustavo akan memimpin lini tengah dan saya harap mampu mengantisipasi pergerakan gelandang dan sayap Sriwijaya. Termasuk, bisa memainkan bola dari kaki ke kaki secara maksimal dan meminimalisir kesalahan yang dibuat sendiri. Dengan begitu, suplai bola lawan ke depan, bisa diantisipasi dengan baik,” tambah mantan pelatih Arema Indonesia itu.

    Prakiraan Formasi

    PERSELA LAMONGAN (4-4-2)

    Choirul Huda (K), Roman Golian, Taufik, Surosao, Fakturahman (B), Jimmy Suparno, Danu, Lopez, Sukadana (T), Costas, Rudi Widodo (D).

    Pelatih : Miroslav Janu

    SRIWIJAYA FC (4-2-3-1)

    Ferry Rotinsulu (K), Supardi, Nova, Thierry, Mahyadi (B), Ponaryo, Lim Joon Sik, M Ridwan, Firman Utina, Hilton (T), Riski Novriansyah (D).

    Pelatih : Kas Hartadi [mor]
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com