• Sriwijaya FC vs Persiba-Perlebar Jarak

    Demi mempertahankan posisi di puncak klasemen sementara Indonesian Super League (ISL), Sriwijaya FC dituntut meraih kemenangan dan poin penuh untuk memperlebar jarak dari kejaran para pesaingnya.

    Terutama saat menjamu Persiba di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, hari ini.Dari segi materi pemain di tim, skuad Laskar Wong Kitomemang cukup diunggulkan untuk memenangi pertandingan.

    Namun, faktor kelelahan yang mendera para pemain inti membuat tim yang kini diarsiteki Pelatih Kas Hartadi ini dibayangi kekalahan, lantaran baru dua hari lalu mereka melakukan pertandingan melawan Gresik United. Sementara itu, tim tamu datang ke Palembang dengan kekuatan penuh dan memiliki persiapan lebih matang serta kualitas stamina yang lebih bugar setelah pertandingan menghadapi Persiram Raja Ampat, yang seharusnya diselenggarakan bersamaan dengan SFC versus GU batal dilaksanakan. Dilihat dari statistik pertandingan kedua tim di lima pertemuan terakhir, SFC berhasil meraih 2 kali kemenangan, 2 kali imbang, dan 1 kali kekalahan.

    Dua kemenangan itu diraih musim lalu saat SFC sukses mengalahkan Persiba 1-0 di Balikpapan dan 2-1 di Palembang. Namun, catatan itu tidak bisa dijadikan patokan karena musim ini tim berjuluk Beruang Madu itu telah melakukan banyak perubahan. Apalagi, setelah bergabungnya dua legiun asing Asia yang memiliki kualitas di atas ratarata, seperti Kenji Adachihara dan Shohei Matsunaga. Bersama striker utama Aldo Baretto,ketiga pemain ini akan menjadi ruh permainan Persiba dalam upaya mengobrakabrik pertahanan SFC yang dijaga kuartet pemain bertahan, seperti Mahyadi Panggabean, Thierry Gathuessi, Nova Arianto,Supardi dan menembus gawang Ferry Rotinsulu.

    “Ketiga pemain asing ini harus kita waspadai. Karena mereka merupakan pemain yang memiliki skill di atas ratarata dan merupakan roh permainan Persiba. Kalau dibiarkan bebas bergerak, itu akan membahayakan gawang Ferry (Rotinsulu). Saya bersyukur kondisi fisik dan stamina pemain kita sudah kembali bugar. Mudah-mudahan kita bisa kembali meraih kemenangan,” ungkap Pelatih SFC Kas Hartadi. Namun, tren positif yang selalu ditunjukkan para punggawa SFC di tujuh laga sebelumnya diharapkan dapat menjadi tambahan motivasi bagi pemain untuk menunjukkan kualitas terbaiknya.Apalagi, Ponaryo Astaman dkk akan bermain di depan pendukung sendiri.

    Dari tujuh laga yang telah dijalani SFC,klub kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan ini hanya kalah satu kali saat melawan Persib 0-1 di kandangnya dan imbang 1-1 kontra Persela Lamongan. Selebihnya, Laskar Wong Kito berhasil menekuk Pelita Jaya 3-1 dan Arema Indonesia 5-1di kandangnya, lalu menang atas PSPS Pekanbaru 2-1,Persija 2- 1, serta terakhir menaklukkan Gresik United 3-1 di laga kandang. Sementara bagi Persiba, mereka terakhir meraih kemenangan saat menekuk Gresik United 4-2 ,Arema Indonesia 2- 1, dan ditahan imbang Persela 0-0 di laga kandang.

    Kemudian, Persiba kalah dengan Persewa Wamena 2-0 dan ditahan imbang Persipura 3-3 di laga tandang. Sementara itu, Pelatih Persiba Hariyadi mengaku timnya sudah siap menghadapi SFC. Batalnya laga menghadapi Persiram Raja Ampat memang sedikit menguntungkan karena para pemain memiliki kualitas fisik dan stamina yang lebih baik. Namun, dia tidak akan gegabah dengan menerapkan permainan terbuka dan menyerang. Karena hal itu dikhawatirkannya malah akan membahayakan timnya.

    Untuk itu, dia hanya menginstruksikan pemainnya untuk bermain sebaik mungkin dan konsentrasi dalam menjaga posisinya masing-masing. “Saya tidak mau bermain ngotot dan kita akan bermain standar-standar saja. Tidak mau langsung menyerang,apalagi bertahan. Karena saya tahu kalau semua pemain SFC sangat berbahaya. Apalagi mereka memiliki materi-materi pemain berkelas timnas di sana. Bisa mendapatkan satu poin saja saya rasa sudah cukup,”pungkas Hariyadi.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com