• WASPADAI NONTEKNIS

    Pelatih Sriwijaya FC (SFC) Kas Hartadi mengaku lebih mewaspadai faktor nonteknis saat akan membawa timnya berlaga menuju tur Papua menghadapi Persiwa Wamena, Selasa (24/1), dan Persipura Jayapura Sabtu (28/1).

    Untuk itu,dia mengingatkan kepada para pemainnya agar sebisa mungkin tidak melakukan kesalahan dan menjaga emosi saat menghadapi pemain lawan yang memasuki jantung pertahanan SFC. Wajar jika mantan asisten pelatih Ivan Kolev ini khawatir. Pasalnya,di jajaran pemain bertahan yang dimiliki SFC,ratarata memiliki temperamen yang cukup tinggi,terutama Nova Arianto.

    Belum lagi M Markus Bahtiar ataupun Ahmad Jufrianto yang bakal diplot untuk menggantikan posisi Thierry Gathuessi yang terjerat sanksi akumulasi kartu kuning. Sebab,sedikit saja kesalahan yang dilakukan oleh pemain bertahan Laskar Wong Kitodalam menghalau pergerakan tim tuan rumah,maka hal itu dapat berakibat fatal serta bisa dimanfaatkan oleh sang pengadil di lapangan.

    Apalagi sudah menjadi rahasia umum, kalau setiap tim yang menjalani laga tandang ke Wamena selalu pulang dengan rasa kecewa yang mendalam akibat perilaku wasit yang lebih memihak tuan rumah.Hal ini juga dirasakan sendiri oleh SFC di tiga musim terakhir. ”Saya tidak mau mengutarakan seperti itu.

    Tetapi memang tidak bisa dimungkiri kalau itu (wasit) merupakan salah satu faktor yang harus kami waspadai.Seperti yang kami rasakan musim lalu saat berkunjung ke sana. Untuk itu,pemain sudah saya peringatkan untuk tidak melakukan pelanggaran,terutama di dalam sekitar kotak penalti,”ungkapnya. Selain faktor pengadil,kondisi lapangan di Stadion Pendidikan yang sangat buruk menurut pelatih asal Solo ini bakal menyulitkan bagi para pemain SFC untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

    Apalagi,pola permainan cepat satu sentuhan yang biasa diperlihatkan kemungkinan tidak bisa dikeluarkan. ”Tetapi kalau masalah lapangan,saya rasa masih bisa kita siasati.Seperti saat bermain melawan Persela Lamongan dengan kondisi lapangan yang lebih mirip kubangan sapi daripada lapangan sepak bola.Yang pasti,kami akan mewaspadai dan berusaha meminimalisasi berbagai faktor yang bakal merugikan kita di sana,” ucapnya.

    Mengenai strategi permainan,Kas mengatakan tidak akan jauh berbeda dengan formasi yang biasa diterapkan di laga-laga sebelumnya.Namun,SFC akan sedikit bertahan dan lebih mengandalkan serangan balik cepat. Sebab,biasanya tim tuan rumah akan bermain lebih ofensif demi meraih hasil maksimal.Bahkan,tim yang berjuluk Badai Pegunungan Tengahitu diprediksi bakal bermain keras demi memancing emosi tim lawan.

    “Tentunya tim tuan rumah akan bermain ofensif dan haus akan kemenangan.Hal ini wajar karena mereka bermain di depan publiknya.Untuk itu, kami harus bisa mengimbangi permainan mereka yang pastinya menekan sejak menitmenit awal,”ujarnya. Sementara itu,menyangkut para punggawa yang akan diturunkan lawan Persiwa Wamena,Kas enggan membuka tabir tersebut.

    Dia mengaku sudah memiliki beberapa nama untuk starting line-up.Namun,hal itu akan ditentukannya satu hari atau bahkan satu jam sebelum pertandingan. “Untuk pemain yang diturunkan saat laga nanti,saya belum tentukan karena masih akan melihat perkembangan tim sebelum bertanding.Mungkin satu hari sebelum bertanding baru saya akan tentukan,”pungkasnya.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com