Jaga Kualitas, ISL Tetap Gunakan 5 Pemain Asing

Dengan alasan liga akan lebih berkualitas dan menarik ditonton, akhirnya Sriwijaya FC sepakat untuk tetap menggunakan tenaga lima orang pemain asing pada musim kompetisi 2012/2013.

Direktur Teknik dan SDM SFC, Hendri Zainudin membenarkan bahwa setelah melalui hasil rapat bersama PT Liga Indonesia, telah disepakati bahwa jatah pemain asing akan tetap lima orang (Tiga Non-Asia dan dua Asia). Kesepakatan ini didasarkan atas pertimbangan supaya Liga Indonesia tetap menampilkan permainan-permainan yang menarik dan enak ditonton.

Lagipula dengan adanya pemain-pemain asing ini diharapkan mampu menularkan skillnya kepada pemain-pemain lokal.

"Dalam rapat malam kemarin (8/8/2012) memang ada wacana untuk menggunakan tenaga pemain asing hanya tiga orang saja, dan ini lebih didominasi oleh klub-klub kecil yang masih sangat minim keuangannya. Sementara bagi klub-klub besar yang sudah mapan dan tidak terkendala denga keuangan, lebih memilih opsi untuk tetap menggunakan tenaga lima pemain asing," jelasnnya ketika dihubungi Sripoku.com, Kamis (9/8/2012).

Dengan demikian, kelima pemain asing di skuad SFC saat ini, bisa bernafas lega untuk sementara waktu. Pasalnya, kemungkinan kelimanya untuk dapat bertahan di tm kebanggaan publik Sumsel akan menjadi lebih besar. Seperti yang diketahui sebelumnya, kalau manajemen sudah berencana untuk mempertahankan dua pemain asing andalannya, yakni Lim Joon Sik dan Thierry Gathuessi.

Sementara untuk ketiga pemain lainnya, Keith Kayamba Gumbs, Hilton Moreira dan Jamie Coyne memang hingga saat ini belum ada pembicaraan dari manajemen apakah dipertahankan atau tidak. Khususnya untuk Kamyamba, Presiden Dodi Reza Alex pernah mengungkapkan belum memiliki alasan yang tepat untuk tidak memperpajang kontraknya musim depan.

Apalagi di musim kemarin pemain asal Kitts n Navis ini berhasil menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik, dan tentu ini akan menjadi pertimbangan bagi klub."Hanya saja tetap keputusan akhir akan kita putuskan pada rapat evalusi pada mendatang, sebab saya tidak bisa memutuskannya seorang diri," jelasnya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments