Striker SFC Diserang Demam Ringan

Sempat  didera demam ringan sehingga menyebabkan kondisinya kurang fit. Kini striker asing Sriwijaya FC, Boakay Eddie Foday sudah kembali sehat dan siap dimainkan sejak menit awal, saat timnya dijamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu (27/7/2013) malam ini.

Seperti diketahui sebelumnya pemain asal Liberia ini sengaja dibangku cadangkan saat menghadapi PSPS Pekanbaru (22/7) lalu. Peran sebagai second striker itu dipercayakan pada pemain lokal muda, Khoirul Huda, yang memang sebagai pelapis Foday jika berhalangan tampil. Namun melihat kondisi permainan SFC di lapangan tidak ada perkembangan, Foday terkesan dipaksakan bermain dengan menarik Huda meski waktu baru menunjukkan menit ke-29.

“Waktu itu kita sengaja cadangkan Foday karena kondisinya kurang fit. Dia sempat disuntik dokter agar cepat sehat dan kini kondisinya sudah semakin baik dan siap tampil lawan Persija nanti,” kata Head Coach SFC, Kas Hartadi ketika dihubungi Sripo, Jumat (26/7/2013).

Eks Pelatih Timnas U-13 ini mengaku kehadiran Foday sedikit banyak bisa mempertajam lini depan timnya. Kendati dalam tiga laga terakhir pemain yang sudah mengoleksi sembilan gol itu gagal mencetak gol. Namun modal lesakan tiga gol (hattrick) pada pertemuan pertama saat bertemu Macan Kemayoran itu, diharapkan bisa menjadi motivasi lebih bagi Foday untuk segera mengakhiri kemandulannya.

“Saya yakin Foday bisa bangkit dan kembali mencetak gol seperti kita menang 4-1 pada putaran pertama lalu,” ujar Kas.
Untuk mengulangi kemenangan itu, lanjut Kas, sejak tiba di Jakarta pada Selasa (23/7) kemarin pihaknya sudah terus mengasah taktik dan strategi. Menghadapi tim sekelas Persija yang mesti difokuskan adalah lini pertahanan jangan sampai hilang konsentrasi. Apalagi timnya datang dalam kondisi kehilangan pemain senior, Mahyadi Panggabean akibat akumulasi kartu kuning.

“Pengganti Mahyadi kita akan percayakan pada Diego (Michiels), tapi saya terus ingatkan padanya agar disiplin penuh dan tetap fokus di sepanjang pertandingan,” tegas Kas.

Sementara itu, terpisah Sekretaris SFC, Faisal Mursyid mengabarkan kalau dari kubu Persija sendiri hanya ada satu pemain yang dapat akumulasi kartu kuning, yakni Defri Rizky. Kepastian itu didapat setelah menerima fax dari PT Liga, terkait siapa saja dari pemain keduabelah tim yang dilarang bermain baik akibat sanksi akumulasi kartu kuning maupun merah.

“Dari kubu kita (SFC) pun hanya satu orang yang dilarang tampil, yakni Mahyadi. Selebihnya semua bisa bermain dan tidak ada persoalan,” paparnya.