Sriwijaya FC Ikat Algojo Mali

SRIWIJAYA FC akhirnya membuka identitas pemain asing asal Mali, yang memang dalam satu bulan terakhir sengaja dirahasiakan meskipun sudah dinyatakan deal bergabung musim depan. Nama pemain yang berposisi sebagai center bek itu adalah Abdoulaye Youssouf Maiga dan terakhir bermain di klub Gazelec Ajaccio, Championnat de France National atau Divisi 3 Liga Prancis.

"Dia ini pernah masuk dalam skuad Timnas Mali pada 2009 dan berdasar biodata yang diberikan, pengalaman dan jam terbang Meiga ini pun cukup baik dengan selalu menjadi pemain inti di setiap klub yang diperkuatnya," kata Manajer Tim SFC, Robert Heri kepada wartawan usai rapat besar di Griya Agung Palembang, Minggu (13/10/2013).

Dikutip dari wikipedia.org, Abdoulaye Youssouf Maiga ini usianya terbilang masih cukup muda dengan kelahiran 1 Agustus 1987. Dengan tinggi tubuh mencapai 188 cm bisa dibilang posisinya sebagai center bek, sangat ideal dan semestinya tidak ada persoalan kalau dihadapkan dengan duel-duel udara. Maiga menjadi pemain pilihan sebagai algojo lini belakang. Dia diharapkan bisa menjadi benteng kokoh untuk menjegal dan mematikan setiap penyerang-penyerang berkualitas yang bermain Liga Indonesia."Dia ideal dan nanti akan kita lihat sama-sama bagaimana kualitasnya, apalagi dia berstatus pemain Timnas Mali," jelas Robert.

Sebelum terakhir bermain di klub Gazelec Ajaccio, Maiga ini lama meniti karir di klub negaranya sendiri, Stade Malian (Malien PremiŠre Division atau Kompetisi Tertinggi Mali) sejak musim 2007 hingga 2010. Di klub ini bisa dibilang Maiga menjadi pemain andalan dengan catatan bermain sebanyak 65 kali selama tiga musim itu.

Kemudian, setelah berpindah ke klub USM Alger (Ligue Professionnelle 1 atau Kompetisi Tertinggi Algeria) di musim 2011-2012, Meiga pun tetap menjadi pemain andalan.  Terbukti selama satu musim itu Meiga bermain selama 1553 menit dengan menjadi palang pintu terakhir.

Hingga karir Maiga pun berlanjut ke klub Gazelec Ajaccio pada musim 2012, yang waktu itu masih berada di Divisi 2 Liga Prancis. Selama bermain di negeri yang terkenal dengan Menara Eiffel itu, statistik penampilan Maiga pun cukup baik dengan mencatatkan waktu bermain 869 menit dari 11 pertandingan.
Namun sayang, diakhir musim Maiga gagal membawa timnya itu lolos dari zona degradasi setelah Gazelec Ajaccio terdampar di dasar klasemen (peringkat 20). Kendati demikian, SFC tetap yakin, pemain asingnya itu mampu mengangkat prestasi SFC, yang memang musim depan menargetkan kembali meraih juara."Kita yakin Meiga ini bisa cepat beradaptasi meskipun ini pertama kalinya dia akan bermain di Liga Indonesia. Kita optimis duetnya bersama Firdaus

(Ramadhan) di lini belakang bisa memperbaiki rekor kebobolan SFC musim lalu," sambung Robert.
Dilanjutkan, pihaknya merasa beruntung bisa mendapatkan pemain sekelas Maiga dan Firdaus untuk menempati posisi center bek.

Pasalnya selain masih muda, kedua pemain itu juga memiliki kualitas di klubnya terakhir, seperti Firdaus yang sempat dipanggil Timnas Indonesia berkat penampilan apiknya bersama Persita Tangerang."Saya yakin Firdaus bisa jadi pengganti sepadan dari Abdul Rahman. Tinggal lagi memang kita masih mencari satu atau dua lagi untuk melapisi pemain inti nanti," urainya.

Biofile:

Nama Lengkap: Abdoulaye Youssouf Maiga
TTL: Bamako, Mali, 1 Agustus 1987
Tinggi: 188 cm
Posisi: Center Bek
Karir Klub:
2007-2010 Stade Malien
2011-2012 USM Alger
2013- Gazelec Ajaccio
Timnas
2009

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments