Riedl Resmi Tukangi Skuad Garuda

Alfred Riedl akhirnya kembali melatih Skuad Garuda. Ya, PSSI melalui Badan Tim Nasional (BTN) resmi mengontrak pelatih asal negara Austria itu, untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan pelatih sebelumnya, Jacksen F Tiago.

Seperti diketahui, Jacksen diminta kembali untuk menukangi Persipura Jayapura yang akan berlaga di Indonesia Super League (ISL) 2014 dan AFC Cup.

"Alfred Riedl telah kita kontrak tiga tahun ke depan. Tanda tangan kontrak dilakukan pagi tadi. Tahun pertama juara Piala AFF 2014 hal mutlak, setelah Juara AFF diperpanjang 2 tahun, jadi kontrak total 3 tahun. Kalau tidak juara kontraknya akan diputus," kata Ketua BTN, La Nyalla Mattalitti dalam jumpa wartawan di Hotel Sultan, Sabtu (7/12) siang.

"Kami berharap Timnas Indonesia bertambah maju di bawah Pelatih Riedl. Soal masalah dengan PSSI yang lalu sudah kita selesaikan secara kekeluargaan. Dia juga telah mencabut tuntutannya, makanya dia mau kembali melatih Timnas Indonesia," beber pria yang juga Wakil Ketua Umum PSSI ini.

La Nyalla juga menerangkan bahwa program kepelatihan Riedl sedang dibuat. "Dalam beberapa hari kedepan Riedl akan menjabarkan programnya. Selain itu juga sekalian untuk persiapan melawan Arab Saudi pada 5 Maret mendatang. Rencananya Januari pemain Timnas harus kumpul. Kami optimis apalagi kita banyak stok pemain bagus," terangnya.

Sementara itu, Alfred Riedl mengaku senang bisa kembali menangani Timnas Indonesia.

"Persetujuan tanda tangan kontrak  hari ini telah saya lakukan dengan PSSI. Saya harap dapat meraih sukses di Piala AFF 2014. Saya juga berdiskusi mengenai program di 2014 dan untuk tidak membuat kesalahan lagi, saya mempersiapkan dengan detail, nanti saya akan membicarakan mengenai staf pelatih yang membantu saya," kata Riedl di saat bersamaan.

"Saya tahu di sini ada bulan Ramadhan dan Piala Dunia. Apalgi kompetisi ISL juga mau dimulai, oleh karena itu saya tidak punya banyak waktu banyak dan saya ingin dapat memulai latihan pada awal tahun depan, kemudian menyelenggarakan pertandingan ujicoba. Ini akan dibahas dengan PSSI," tambah mantan Pelatih Vietnam tersebut.

Riedl juga menyebut bahwa di bulan Januari akan juga mencari pemain. "Keinginan saya seleksi terhadap 45 pemain dengan dibagi dua kelompok. Terdekat di Turnamen Inter Island contohnya. Liga sepertinya akan mulai akhir januari, selain itu saya tidak mau mengintervensi klub, proses evaluasi dilihat melalui video rekaman pertandingan. Saya akui tidak melihat banyak pertandingan Timnas Indonesia akhir-akhir ini. Tapi saya yakin bisa mendapatkan pemain yang bagus.  Semua pemain terbaik tidak terkecuali umur akan mendapatkan peluang yang sama," tutup Riedl.