Saling Optimis di Derby Andalas

Semen Padang akan menghadapi Sriwijaya FC dalam laga perdana Inter Island Cup 2014. Kedua tim yang berada di zona Sumatera ini akan berduel di Stadion Agus Salim, Padang, Jumat (10/1) sore.

Zona Sumatera ini berbeda sendiri dengan zona lainnya di IIC 2014. Paslanya, hanya ada dua peserta dari Sumatera, Sriwijaya FC dan Semen Padang. Oleh karena itu, sistem yang digunakan pun berbeda sendiri, dengan menerapkan home and away. Leg kedua sendiri akan berlangsung tanggal 14 Januari di kandang Laskar Wong Kito, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Pelatih Kabau Sirah, julukan Semen Padang, Jafri Sastra mengatakan bahwa tim Sriwijaya adalah tim yang bagus.
"Kondisi pemain Semen Padang ada beberapa yang masih dalam pemulihan cedera. Kami beruntung melawan Sriwijaya karena mereka punya mental juara, sehingga mental bermain pemain kita pun bisa maksimal dan kami juga akan memperlihatkan permainan maksimal kami kepada pecinta Semen Padang FC yang akan memenuhi stadion esok hari," kata Jafri Sastra kepada Ligaindonesia.co.id, Kamis (9/1).

"Target untuk laga besok berusaha semaksimal mungkin meraih kemenangan, agar memudahkan pertandingan away yang akan kita hadapi tanggal 14 di Palembang. Sriwijaya banyak dihuni pemain baru, namun mereka tetap tim yang tangguh," papar Jafri.

Jafri menambahkan  beberapa pemain yang masih belum seratus persen kondisi kebugarannya diantaranya Eka Ramdani, Saepulloh, dan Nur Iskandar.

"Tiga pemain ini akan dilihat perkembangannya sampai besok pagi, apakah sudah siap untuk bertanding atau belum. Kami tidak mau memaksakan pemain yang masih belum bugar 100 persen untuk main esok. Sedangkan Hendra Bayaw masih terapi di kampung halamannya di Ambon,"jelas Jafri.

Sedangkan Direktur Utama PT Kabau Sirah SP, Erizal Anwar berharap besok stadion akan dipenuhi oleh pecinta Semen Padang. "Kami ingin suporter kita memenuhi Stadion, di manapun berada, dan bisa menjadi pemain ke 12 untuk menyemangati tim agar meraih hasil maksimal pada hari esok,"harap Erizal.

Sementara itu pelatih Sriwijaya FC, Subangkit menyebut Semen Padang FC tim yang bagus, di mana komposisi tim mereka tidak terlalu banyak berubah. "Mereka bisa berprestasi musim kemarin di tingkat Asia, namun jujur kita belum tahu pasti seperti apa permainan Semen Padang FC sekarang, dikarenakan musim kemarin kita tidak pernah berhadapan dengan mereka," kata Subangkit.

Mantan pelatih Persiwa Wamena ini menambahkan, bahwa ia mendapatkan informasi dari salah satu mantan penggawa Semen Padang FC yaitu Vendri Mofu,yang memberikan masukan mengenai tim Kabau Sirah.

"Kondisi tim Sriwijaya sendiri sekarang kondisi tim dalam keadaan baik, walaupun ada beberapa pemain yang absen seperti Erol  Iba, M Hamzah dan Lancine Kone yang masih cedera, dan juga baru bergabungnya Igor Radvanovic, yang masih beradapatasi dengan tim,"jelasnya.

"Meski begitu kita tetap optimis untuk mencoba bisa meraih poin atau minimal seri di Padang,sehingga memudahkan kita untuk bermain di kandang kita sendiri di Palembang,"tutup pelatih asli Malang ini.

Panitia Penyelenggara (Panpel) Semen Padang sudah menyiapkan kurang lebih 10 ribu lembar tiket untuk pertandingan esok, dengan  beragam harga, Tribun Barat Tertutup : Rp. 80 rb, Tribun Timur Terbuka : Rp.40 rb, Tribun Utara dan SelatanTerbuka : Rp.20 rb. Tiket  sudah bisa didapatkan di stadion mulai hari ini sampai esok hari.

Selain itu Semen Padang FC akan menampilkan beberapa hal baru yaitu apparel baru yang disponsori oleh salah satu merk olahraga terbesar di Jepang yaitu Mizuno, dan besok adalah pertama kali kostum dengan design baru tersebut di publikasikan kepada masyarakat umum.