Sriwijaya FC Bungkam Persija Jakarta

Sriwijaya FC akhirnya mampu mengatasi perlawanan Persija Jakarta, dalam laga tunda Grup A SCM Cup 2015 di Stadion H Agus Salim, Padang, Minggu (18/1) pagi. Gol tunggal kemenangan Laskar Wong Kito dicetak oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-70 lewat tendangan bebas indah kaki kirinya.

Laga ini sedianya berlangsung pada Sabtu (17/1) malam. Namun, kondisi lapangan stadion H Agus Salim yang tergenang air akibat hujan deras,  membuat laga ini harus digela pagi tadi, mulai pukul 08.30 WIB.

Selayaknya laga pra musim, kedua tim coba mengembangkan permainan dengan menguasai penguasaan bola. Namun, masalah finishing touch dan minimnya variasi membongkar pertahanan lawan, menjadi masalah yang masih meneripa kedua tim.

Pada babak pertama, Sriwijaya FC hanya melesakkan tiga tendangan ke arah gawang, sementara Persija tak berbeda jauh hanya membuahkan empat kali ancaman. Beruntung bagi Sriwijaya FC, sebuah peluang dari tendangan bebas, mampu dimaksimalkan menjadi gol oleh Ferdinand yang bertindak sebagai kapten kesebelasan.

Bagi Persija, ini menjadi kekalahan kedua dari Sriwijaya FC pada masa pra musim. Sebelumnya, Persija juga kalah adu penalti dari anak asuh Benny Dolo pada ajang Trofeo Persija. Namun, pelatih Persija, Rahmad Darmawan tidak terlalu memusingkan hasil ini.

“Secara umum sudah cukup puas dengan permainan anak-anak. Tapi tetap ada evaluasi yang harus dilakukan. Karena masa recovery yang sangat singkat, kemungkinan besar akan dilakukan rotasi pemain sampai 80 persen. Pemain yang belum main hari ini, besok akan masuk lineup,” kata Rahmad Darmawan, usai pertandingan.

Sementara kubu Sriwijaya FC pun tidak menyikapi berlebihan atas kemenangan ini. Pasalnya, tim pelatih punya sasaran lain dalam keikutsertaan di turnamen ini.

“Dalam turnamen ini, SFC fokus melakukan persiapan jelang ISL nanti. Berbagai taktik tim pelatih akan diuji coba pada SCM Cup ini. Yang jelas, tim pelatih juga harus putar otak karena waktu untuk istirahat sangat singkat. Besok kita akan kembali tampil, tentu kondisi masing-masing pemain akan diamati untuk menghindari risiko cedera," kata Asisten Pelatih Sriwijaya FC Hendri Susilo.

Dengan hasil ini, Sriwijaya FC dan Persebaya Surabaya sama-sama mengemas tiga poin, dengan catatn gol yang serupa, 1-0. Sebelumnya, Persebaya juga mampu membungkam tuan rumah Semen Padang dengan skor 1-0.

Pada Senin (19/1) besok, Persebaya akan menghadapi Persija Jakarta, kick-off : 15.15 WIB, sementara Semen Padang menjamu Sriwijaya FC dalam derby Andalas, mulai pukul 18.45 WIB. Keduanya akan digelar di Stadion H Agus Salim, Padang.