6 Stadion Termegah dan Termodern di Pentas ISL 2015

Tags

Pentas Indonesia Super League (ISL) tak hanya menyajikan penampilan dari klub-klub besar Tanah Air, tapi juga memamerkan stadion-stadion megah di antero Indonesia.

Berikut daftar enam stadion berkapasitas terbesar pada ajang ISL musim 2015, berdasarkan data yang dilansir dari Wikipedia:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno
Kapasitas: 88.000



Bangunan megah yang dibangun era Presiden Soekarno ini memang menjadi stadion terbesar yang saat ini berada di Tanah Air, memiliki kapasitas maksimal sampai 100.000 orang ketika jaya-jayanya pada tahun 1960-an untuk menggelar Asian Games IV. GBK pun menjadi kandang utama tim nasional Indonesia.

Sekarang, jumlah penonton maksimal sudah dikurangi menjadi sekitar 80.000 orang. Dengan kapasitas yang besar, menjadi stadion yang cocok dengan Persija Jakarta yang memiliki basis suporter besar. Hijrah dari Lebak Bulus pada 2007 dan sejak itu Persija menetap di SUGBK.

2. Stadion Gelora Bung Tomo
Kapasitas: 60.000



Setelah berbagai masalah yang mendera, akhirnya GBT bisa menggelar laga-laga Persebaya Surabaya. Stadion ini merupakan stadion terbesar kedua di Indonesia dan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada 2010. Namun, GBT baru bisa digunakan pada 2013.

Sayang, dualisme yang terjadi dalam tubuh Persebaya membuat Stadion Gelora Bung Tomo tampak lengang selama ISL 2014. Rata-rata yang hadir tak lebih dari 10.000 penonton. Angka jauh dari memuaskan kalau dilihat dari animo Bonek selama ini.

3. Stadion Si Jalak Harupat
Kapasitas: 45.000



Masih belum bisa menggunakan Stadion Bandung Lautan Api, Persib Bandung pun memilih bertahan di Si Jalak Harupat. Meski berjarak cukup jauh dari pusat kota, stadion ini dianggap representatif bagi Persib yang pertandingan kandangnya selalu dibanjiri bobotoh.

Dengan rata-rata penonton mencapai 20.000 penonton setiap pertandingan di Si Jalak Harupat, Persib masih membutuhkan stadion yang sukses menjadi markas angker "Maung Bandung" musim lalu.

4. Stadion Kanjuruhan

Kapasitas: 42.500



Menjadi stadion langganan Arema sejak beberapa musim terakhir. Luberan Aremania pun selalu terlihat di Stadion Kanjuruhan, yang dibuka pada 2004 oleh presiden saat itu, Megawati Soekarnoputri, dalam laga pertama Liga Indonesia antara Arema melawan PSS Sleman.

Sekarang, Kanjuruhan sudah banyak bersolek. Standar rumput sampai fasilitas sekaligus lampu sudah sesuai dengan persyaratan AFC. Sebuah stadion megah kelas Asia.

5. Stadion Gelora Sriwijaya
Kapasitas: 36.000



Stadion megah ini merupakan modal besar Sumatera Selatan ketika mengajukan diri menjadi tuan rumah SEA Games 2011. Sejak itu, stadion yang berada di kompleks olahraga Jakabaring ini selalu jadi langganan pertandingan kelas nasional maupun internasional.

Merupakan kandang setia bagi klub kebesaran Palembang, Sriwijaya FC, sejak 2005 hingga saat ini. Kapasitas yang besar bisa menampung animo tinggi dari tiga kelompok suporter, S-Mania, Singa Mania, dan Sumselmania.

6. Stadion Aji Imbut
Kapasitas: 35.000



Salah satu stadion paling gres dari enam stadion di atas. Diresmikan pada 2009 dan sejak saat itu, Stadion Aji Imbut menjadi markas bagi Mitra Kukar.

Yang menarik dari stadion ini adalah desain konstruksi yang didominasi oleh besi-besi, begitu modern dan tidak biasa jika melihat stadion-stadion Indonesia lainnya.