Ini Rincian Piala Bhayangkara 2016


Piala Bhayangkara 2016 Diikuti 10 Tim Piala Bhayangkara resmi digulirkan dan akan dibuka pada 17 Maret 2016. (Foto: Naif/MSports)


Kepolisian Republik Indonesia secara resmi mengumumkan digelarnya turnamen sepak bola bertajuk Piala Bhayangkara 2016. Turnamen tersebut diikuti 10 tim yakni Sriwijaya FC, Arema Cronus, Persipura Jayapura, Persib Bandung, Mitra Kukar, Persija Jakarta, Bali United, PS Polri, PS TNI, dan pemenang dari turnamen Piala Gubernur Kaltim.

Turnamen yang akan resmi digulirkan pada 17 Maret 2016 mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, menggunakan format setengah kompetisi. Kesepuluh peserta dibagi ke dalam dua grup dan masing-masing grup terdiri dari lima tim. Grup pertama disebut Grup A dan dilangsungkan di Bandung. Sementara itu, grup kedua adalah Grup B dan seluruh pertandingan dipusatkan di Bali. Dua tim teratas pada masing-masing grup berhak melaju ke semifinal.

Untuk semifinal pertama mempertemukan juara Grup A kontra runner-up Grup B, sedangkan semifinal kedua mempertandingkan juara Grup B melawan runner-up Grup A. Format semifinal menggunakan single match. Laga final sendiri digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).


Turnamen ini cukup menggiurkan lantaran tim yang meraih gelar juara bakal diganjar Rp2,5 miliar plus piala dan medali. Sedangkan peringkat kedua mendapat Rp1,5 miliar plus medali. Adapun Pemain Terbaik diberi uang tunai sebesar Rp100 juta, jumlah yang sama diberikan kepada pencetak gol terbanyak atau top skorer.
Operator dari turnamen ini adalah PT Gelora Trisula Semesta.