• Sriwijaya FC 1-0 PSM Makassar

    Sriwijaya FC merampungkan kemenangan ketiga mereka pada pekan ketujuh Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, dengan membekuk PSM Makassar, di Stadion Gelora Sriwijaya, Sabtu (18/6) malam.

    Gol Alberto Goncalves di pengujung laga membuyarkan misi pelatih Robert Rene Albert untuk mencuri poin dari Palembang. Ini merupakan kekalahan kedua bagi pelatih asal Belanda itu sejak membesut Juku Eja.

    Babak Pertama

    PSM Makassar cukup kesulitan untuk mengimbangi permainan dari kubu tuan rumah, Sriwijaya FC. Tapi sesekali serangan mampu dilancarkan tim Ayam Jantan Dari Timur melalui aksi Basri Lohy dan Maldini Pali.

    Walau bisa menguasai lini tengah, bukan berarti Sriwijaya bisa mudah menembus ke lini pertahanan dari PSM. Tipikal gelandang bertahan di lini tengah PSM yakni Rasyid Bakri dan Rizky Pellu cukup baik menjadi filter serangan.

    Sriwijaya sempat mengancam lewat sepakan jarak jauh Eka Ramdani di menit 8', tapi masih melambung di atas gawang kawalan Dimas Galih. Pun dengan usaha dari bomber asal Brasil, Hilton Moreira, yang belum mampu menemui sasaran.

    Hingga paruh pertama usai, kedua tim harus puas bermain imbang tanpa gol. Serangan Sriwijaya yang makin nampak pada pengujung paruh pertama belum mempan ke jantung pertahanan dari PSM.


    Babak Kedua

    Tuan rumah kembali memegang kendali permainan begitu babak kedua dimulai. Hilton terus jadi andalan lini serang dari Laskar Wong Kito. Tapi eks Persib Bandung itu tak mudah menaklukkan Dimas Galih, seperti usahanya di menit 57'.

    Sadar mulai kesulitan di lini tengah, Rene Albert pun menambah porsi gelandang tengah dengan memasukkan Ridwan Tawainella pada menit 60' untuk menggantikan Maldini yang sudah mulai kehabisan daya gedor. Lima menit berselang, Ridwan dikartu kuning.

    Widodo C Putro coba menguras tenaga pemain PSM dengan menambah pemain cepat di lini serang, Yohanis Nabar masuk gantikan Ridwan dan nampak jadi ancaman tersendiri bagi PSM. Meski gol masih sulit dihasilkan.

    Firman Utina akhirnya masuk untuk menambah kreativitas serangan dari tuan rumah di menit 72' menggantikan Eka Ramdani. Hingga akhirnya Beto Goncalves -- yang sepanjang laga tak nampak perannya --- jadi jawaban dari gol yang dibutuhkan Sriwijaya pada menit 89'.

    Beto yang luput dari kawalan bek asing Boman Aime tak menyia-nyiakan kesempatan ketika bola menghampiri dan meneruskan dengan eksekusi jarak dekat yang tak kuasa dibendung Dimas. Skor 1-0 itu pun tak berubah hingga laga usai.

    Susunan Pemain

    Sriwijaya: Teja Paku; Supardi, Fachruddin, Ngurah Wahyu, Zalnando; Ichsan Kurniawan, Yu Hyun-koo, Eka Ramdani; Ridwan, Hilton Moreira, Beto Goncalves.

    PSM: Dimas Galih; Erik Setiawan, Boman Aime, Hendra Wijaya, Ardan Aras; Maldini Pali, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Basri Lohy; Muchlis Hadi, Ferdinand Sinaga.

  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com