BARITO PUTERA 2–0 PERSEGRES GRESIK UNITED

Barito Putera mengakhiri puasa kemenangan setelah berhasil menundukkan Persegres Gresik Uniteddengan skor 2-0 dalam pertandingan pekan ketujuh Liga 1 2017 di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Jumat (19/5) sore WIB.

Hasil ini mendongkrak posisi Barito Putera ke peringkat lima klasemen sementara dengan nilai sepuluh. Raihan poin mereka sama dengan Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC, namun unggul selisih gol. Sedangkan Gresik United terpaku di posisi ke-17 dengan empat angka.

Babak pertama

Barito Putera yang berusaha menghentikan catatan tidak pernah menang di tiga laga terakhir langsung menerapkan permainan agresif sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Di lain sisi, Gresik United juga tak kalah gertak dengan memperlihatkan permainan terbuka.

Setelah sempat mencoba tendangan jarak jauh, Barito Putera akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-19. Umpan lambung Yongki Aribowo disambut sundulan marquee player Douglas Packer yang berdiri bebas tanpa pengawalan, sehingga sulit diantisipasi
Gol ini melecut motivasi pemain Barito Putera. Selang dua menit kemudian, tuan rumah nyaris menggandakan keunggulan. Sayangnya, umpan dari sisi kanan yang disambut Gavin Kwan Adsit masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Namun Gavin membayar lunas kegagalan itu setelah ia sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-36. Umpan lambung Yongki dari sisi kanan serangan disambar tandukan Gavin untuk menjebol gawang Satria.

Gresik United berusaha mengejar ketertinggalan, namun mereka mengalami kesulitan mengembangkan permainan. Skor 2-0 untuk keunggulan Barito Putera pun tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua

Barito Putera tidak menurunkan tekanan mereka ke pertahanan Gresik United, kendati sudah unggul dua gol. Di lain sisi, Laskar Joko Samudro yang berusaha mengejar ketertinggalan mencoba meningkatkan irama permainan.

Hanya saja, Gresik United kerap membuat kesalahan sendiri, walau tidak mendapat tekanan dari pemain tuan rumah. Akibatnya, serangan yang mereka bangun dengan mudah dipatahkan Barito Putera sejak lini tengah.

Sementara Barito Putera tidak berhasil menambah pundi gol, karena terlalu terburu-buru melakukan penyelesaian akhir. Peluang diperoleh Laskar Antasari pada menit ke-69, tapi sepakan pemain pengganti Nazarul Fahmi dapat dimentahkan kiper Gresik United.

Selepas laga berjalan 80 menit, Barito Putera mulai menurunkan tempo permainan, dan berusaha mempertahankan keunggulan dua gol. Kondisi ini coba dimanfaatkan Gresik United, tapi mereka sulit menembus pertahanan tim besutan Jacksen F Tiago.

Peluang emas diperoleh Barito Putera pada menit ke-87. Hansamu Yama yang berdiri bebas saat menerima umpan Matias Cordoba tidak bisa memaksimalkannya dengan baik, dan sontekannya dari jarak dekat melambung di atas mistar. Skor 2-0 tidak mengalami perubahan hingga laga berakhir.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Barito Putera: Shahar Ginanjar; Valentino Telaubun (Daniel 71'), Aaron Michael Evans, Hansamu Yama, Ambrizal, Gavin Kwan Adsit (Nazarul 46'/Dandi 87'), Paulo Sitanggang (Amirul 66'), Fajar Handika, Douglas Packer, Matias Cordoba, Yongky Aribowo.
Cadangan: Aditya Harlan; Muhammad Rifqi, Daniel Tata, Dimas Ardika, Dandi Maulana Abdulhak, Amirul Mukminin, David Laly, Dedy Hartono, Nazarul Fahmi.

Pelatih: Jacksen F Tiago

Gresik United: Satria Tama; Syahrul Mustofa (Herwin 63'), Jeki Arisandi, Goran Ganchev, Chairul Rifan, Jusmadi, Obet Rivaldo (Faris 42'), Dave Mustaine, Patrick Daniel, Komarudin (Yusuf 46'), Arsyad Yusgiantoro (Gufroni 59').
Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa; Arga Permana, Herwin Tri Saputra, Achmad Faris, Husni Mubarok, Loudry Setiawan, Gufroni Al Maruf, Yusuf Effendi.

Pelatih: Hanafi

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments