Oswaldo Lessa Protektif dengan Ichsan Kurniawan di Sriwijaya FC

Palembang - Meski Ichsan Kurniawan sudah pulih dari cedera, pelatihSriwijaya FC, Oswaldo Lessa, belum berani mengambil risiko dengan memainkan pemainnya itu secara penuh.

Setelah beristirahat selama tujuh bulan, Ichsan Kurniawan sudah melakukan come back bersama Sriwijaya FC saat pekan kelima Liga 1 melawan Persiba Balikpapan (9/5/2017).

Saat menjamu Barito Putera di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu (13/5/2017), meski masuk line-up yang dipersiapkan tim pelatih Laskar Wong Kito, hingga peluit panjang dibunyikan wasit, pemain asal Martapura OKU Timur itu tetap berada di bangku cadangan. Menanggapi hal ini, Lessa mengungkapkan kondisi Ichsan belum siap jika bermain penuh selama 90 menit.

"Kami harus sabar. Saya tidak bisa memaksakan Ichsan bermain di pertandingan dengan tempo tinggi atau ketat untuk sementara waktu. Penampilannya memang membaik, tapi saya khawatir kemarin jika langsung dimainkan, tekanan ada padanya. Bila membuat kesalahan atau hasilnya tidak bagus, bisa jadi publik akan menyorotinya dan hal itu tidak saya inginkan," jelas Lessa.

Menurut pelatih asal Brasil itu secara perlahan dirinya akan mencoba menurunkan Ichsan di laga-laga berikutnya. "Dalam kondisi terbaik, kehadiran Ichsan akan sangat membantu SFC. Dia punya teknik dan merupakan petarung di lapangan tengah. Selain itu dirinya masih masuk kuota pemain U-22, yang tentu sangat kami butuhkan," tambahnya.

Oswaldo Lessa juga menyebut performa marquee player Sriwijaya FC, Tijani Belaid, terus memperlihatkan peningkatan. "Melawan Barito, Tijani sudah bisa bermain selama 90 menit. Namun dalam pandangan saya, kondisi fisiknya masih di level 80 persen dan perlu ditingkatkan lagi. Sebagai pemain yang baru di Indonesia, mungkin dia masih butuh 2-3 minggu agar dapat lebih baik lagi," ujar eks pelatih Persipura ini.

Sama seperti Ichsan, Oswaldo Lessa menyebut dirinya juga tidak akan memaksakan tenaga Tijani Belaid saat ini. "Dia pemain pintar, terkadangSriwijaya FC juga butuh pemain yang bisa mengubah keadaan atau memberikan umpan-umpan kejutan. Tijani bisa memainkan peran itu dan kualitas umpan serta free kick-nya juga sangat baik," pungkas Oswaldo Lessa mengakhiri pembicaraan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments